Google Doodle Hari Ini: Hari Ulang Tahun Art Clokey, Bapak Stop Motion Clay Animation

Hari ini tanggal 12 Oktober 2011, Google memperingati hari ulang tahun Art Clokey, seorang seniman asal Amerika Serikat yang menjadi pelopor animasi dengan tanah liat (stop motion clay animation). Warisan besar beliau antara lain berbagai film animasi berbahan tanah liat. Yang unik dari doodle kali ini, anda bisa melihat animasi lempung dengan mengklik 4 bola berwarna disamping kotak berhuruf G. Animasi ini dibangun dengan teknologi HTML5 dan CSS3.

 

Arthur “Art” Clokey, lahir 12 Oktober 1921 wafat 8 Januari 2010 adalah seorang pioner dalam dunia stop motion clay animation (animasi dengan lempung/tanah liat) melalui eksperimennya tahun 1955 lewat film yang diberi judul Gumbasia, bekerjasama dengan Profesor pembimbingnya, Prof. Slavko Vorkapich di Universitas Southern California.

 

Dimulai dari film Gumbasi, Art Clokey dan istrinya Ruth Clokey akhirnya menemukan karakter Gumby. Sejak itulah Gumbi dan kudanya bernama Pokey menjadi sangat populer dan ditunggu kehadirannya di televisi Amerika untuk hadir dalam sebuah serial TV dengan judul Howdy Doody Show dan The Adventures of Gumby.

Karakter Gumby dan kawan-kawan pada awal tahun 80an dibawakan dan diparodikan oleh aktor Eddy Murphy pada sebuah sketsa di acara Saturday Night Live. Film layar lebar pertama dari karakter Gumby sendiri baru dibuat tahun 1990 dengan judul Gumby: The Movie.

Selain sebagai pencipta karakter Gumby dan pelopor dunia animasi stop motion clay, Clokey juga dikenal karena karya besarnya lewat serial Davey and Goliath sebuah serial yang didanai oleh Gereja Lutherian Amerika.

 

One thought on “Google Doodle Hari Ini: Hari Ulang Tahun Art Clokey, Bapak Stop Motion Clay Animation

  1. barusan saya klik tampilan browser ingin cari tahu apa yg sedang diperingati gogle dan ternyta om sangat cepat dalam memberikan info yg saya cari. ty

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: