Google telah mengumumkan bahwa mereka akan memperluas penggunaan HTTPS di seluruh domain pencarian internasional. Koneksi terenkripsi yang sebelumnya hanya tersedia di Google.com, sekarang domain lokal, Google.co.uk, Google.jp dan sebagainya, akan mendapatkan pencarian yang aman juga, dimana fitur ini akan diuji selama beberapa minggu ke depan.

“Beberapa bulan lalu kami membuat perubahan ke pengalaman pencarian default kita di google.com – ketika Anda sign in ke Google, kami menambahkan enkripsi SSL untuk meningkatkan privasi dan keamanan pencarian web Anda,” Ungkap Michael Safyan, perangkat lunak insinyur di Google.

“Perubahan dilakukan dengan mengenkripsi pencarian Anda dan hasil pencarian kami dalam halaman hasil, atau sesuatu yang sangat penting ketika Anda menggunakan koneksi, sehingga akses internet terjamin,” katanya.

“Kami sekarang siap untuk memperluas perlindungan ini, sehingga selama beberapa minggu ke depan kami akan mulai memperkenalkan pencarian SSL di luar google.com ke domain lokal kami di seluruh dunia. Seperti sebelumnya, kami berharap bahwa upaya untuk memperluas penggunaan enkripsi SSL ini merupakan salah satu pelayanan kami dan upaya memotivasi perusahaan lain untuk mengadopsi SSL lebih luas, “katanya.

Perlu dicatat bahwa HTTPS sudah bekerja untuk domain tersebut, tetapi tidak digunakan secara default. Anda harus secara manual menambahkan https:// sebelum URL pencarian biasa atau memodifikasi built-in plugin pencarian untuk browser Anda agar menggunakan HTTPS sepanjang waktu.

Setelah diubah, HTTPS akan menjadi default dan digunakan sebagai standar, meskipun koneksi anda belum terenkripsi tetapi masih akan mendukung penggunaan HTTPS ini. Switch hanya berlaku saat sign-in saja.

Ada banyak manfaat untuk menggunakan HTTPS dan beberapa kelemahan. Perbaikan terbaru untuk kedua teknologi sisi server dan web browser telah dapat mengurangi overhead kinerja dengan ditambahkannya penggunaan enkripsi.

via Softpedia