Rumor terbaru, Google kabarnya akan mempercayakan produksi tablet Nexus 7 inci kepada Asus, informasi berarti ditengah spekulasi bahwa raksasa Internet itu akan masuk ke bisnis hardware.

Rumor datang disela Mobile World Congress di Barcelona, dan blog Android and me mengaku mendapatkan informasi itu dari dua sumber-industri berbeda yang bisa dipercaya.

Bahkan disebutkan bahwa tablet Nexus Google akan diluncurkan semester kedua tahun ini dengan harga 199 dolar, berprosesor quad core Tegra 3 dan bersistem operasi Android Ice Cream Sandwich yang mungkin sudah mengalami upgrade.

199 dolar, harga yang sama untuk satu Kindle Fire, tablet Amazon yang juga berlayar 7 inci dan sukses terjual 5 juta unit hanya dalam kuartal empat tahun lalu. Fire dengan cepat meraih predikat tablet Android berpenjualan terbaik.

Rencana apa yang dibawa Google dengan tabletnya yang dalam beberapa hal memiliki kesamaan dengan Kindle Fire?

Banyak orang mengira Google senang dengan sukses Amazon, tetapi sumber Android and me mengatakan bahwa Google melihat Amazon sebagai satu ancaman di pasar tablet.

Amazon telah menempati ekosistem Google dengan produknya, sehingga Amazon mendapatkan semua “buntut panjang” keuntungan dari konten dan layanan, sementara Google tidak mendapatkan apa-apa.

Tablet Nexus beresolusi layar 1280×800 itu kabarnya akan masuk produksi pada April dan dipasarkan sekitar Juni.

Google disebut-sebut bakal masuk ke bisnis hardware menyusul langkahnya untuk mengakuisisi produsen ponsel Motorola dan sudah disetujui oleh badan regulasi di AS serta sebagian di Eropa.

Sumber: Antara