Meski Motorola Mobility akan diakuisisi oleh Google, Motorola yakin bahwa tidak akan terjadi perubahan bisnis yang besar di dalam perusahaannya.

Paling tidak, dalam waktu dekat ini tak akan terjadi perubahan besar-besaran dalam strategi bisnis dan produk Motorola.

Hal ini diungkapkan Alain Mutricy, Senior Vice President of Portfolio and Product Management Motorola. Ia menjelaskan, ketika proses akusisi selesai, Motorola dan Google adalah dua perusahaan terpisah.

“Dalam jangka pendek, saya tidak melihat akan ada perubahan besar dalam manajemen produk. Kami memiliki bisnis yang sudah berjalan, dan harus tetap dijalankan di tahun 2012 ini,” tegas Mutricy di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu.

Hal senada diungkapkan Senior Vice President of Mobile Google Andy Rubin. Beberapa waktu lalu ia mengatakan, Google telah berkomitmen untuk membangun firewall (batas pemisah yang tegas-red) dengan Motorola.

“Saya bahkan tidak tahu apa-apa tentang produk Motorola, saya tidak melihat produk-produk mereka. Mereka akan terus mengembangkan produk di bawah merek Motorola, dan akan dibuat oleh tim Motorola sendiri,” ucap Andy.

Penawaran akuisisi Google atas Motorola Mobility telah disetujui oleh regulator Amerika Serikat dan Eropa pada Februari 2012. Penawaran akuisisi senilai 12,5 dolar AS ini adalah yang terbesar dalam sejarah perusahaan Google.

Upaya Google membeli Motorola, juga disertai dengan 17.000 hak paten dan 7.500 aplikasi paten. Google akan menjadi salah satu perusahaan yang memiliki paten terbesar dalam industri ponsel.

Namun, regulator di China, Taiwan, dan Israel masih belum menandatangani persetujuan pembelian Motorola oleh Google.

Sumber: Kompas