Pengguna Google Translate Capai 200 Juta

Jakarta – Ketika Google Translate datang, perbedaan bahasa seakan tak lagi jadi halangan untuk mendapatkan informasi di internet. Seiring waktu, pengguna layanan kamus bebas ini pun semakin banyak.

Ya, Google mengumumkan bahwa sudah lebih dari 200 juta orang secara aktif menggunakan Google Translate setiap bulannya. Karena bersifat bebas, semua orang bisa menambahkan atau mengedit kata-kata di Google Translate ini. Bahkan jumlah teks yang ditambahkan dalam satu hari sama dengan satu juta buku.

“Dengan kata lain bila penerjemah manusia yang profesional di dunia memproduksi dalam satu tahun, berarti sistem kami melakukannya dalam sekitar satu hari,” tulis peneliti Google Translate Franz Och dalam posting blog-nya.

“Dengan perkiraan ini, sebagian besar terjemahan di planet ini sekarang dilakukan oleh Google Translate,” tambahnya, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (27/4/2012).

Layanan terjemahan ini diluncurkan pada 2001 dengan delapan bahasa yang dapat diterjemahkan ke dan dari Bahasa Inggris. Seiring waktu, Google menambahkan lebih banyak bahasa dan akurasinya.

Saat ini, layanan ini dapat menerjemahkan kalimat dalam waktu kurang dari satu detik dan bekerja dalam 64 bahasa yang berbeda, termasuk Islandia, Swahili, Basque, Azerbaijan, dan Welsh.

Och mengatakan ia yakin bahwa mayoritas pengguna Google Translate mengakses layanan tersebut saat bepergian. Menurut statistik perusahaan, lalu lintas mobile melesat empat kali lipat selama beberapa tahun terakhir dan 92 % lalu lintas datang dari luar Amerika Serikat

sumber: detikINET

Leave a Reply