Google IO 2015 akan hadir tidak kurang 2 minggu lagi. Acara yang akan digelar di San Fransisco pada tanggal 28-29 Mei 2015 waktu Amerika itu diprediksi menjadi ajang Google untuk memamerkan sejumlah produk baru Google.

Dan berikut adalah 5 prediksi saya seputar produk baru Google nanti di Google I/O 2015:

  1. Android M

Ya, kendati Android Lolipop sudah mulai hadir disejumlah gadget pilihan, pengembangan kelanjutan versi dari Android sekarang pasti sudah dilakukan. Nah, kemungkinan pada tanggal 28 Mei nanti, kita akan mendapatkan sebutan resmi dari nama “Android M”. Kandidat terkuat yang saat ini disebut-sebut disejumlah situs tekno adalah “Android Muffin”.

Kita tunggu saja nanti, apa nama resmi dari Android M.

  1. Android Wear Generasi Terbaru

Pada Google I/O nanti, Google kemungkinan akan merilis generasi terbaru dari Android Wear. Tidak menutup kemungkinan, Google akan menghadirkan lagi Android Wear dalam versi smartwatch.

Rilis generasi terbaru dari Android Wear ini menjadi penting jika Google tidak mau menyerah begitu saja dengan langkah Apple yang mulai memasarkan Apple Watch dan mendapat respon pasar yang baik.

  1. Google Nearby

Google “Nearby” adalah fitur location-aware yang mungkin akan dihadirkan dan diperkenalkan pada Google I/O nanti melalui Google Maps. Dengan fitur Nearby ini, gadget akan mampu menyajikan informasi seputar orang-orang, tempat dan benda-benda disekitar kita berada.

Kuncinya ada pada Google Maps. Sangat sulit Google tidak membuat fitur seperti ini sementara Apple sudah merilis Apple iBeacon.

  1. Google Voice Command

Sesuai namanya, kemungkinan besar, Google juga akan memperkenalkan cara baru pengguna Android atau Chrome untuk berinteraksi dengan aplikasi pilihannya. Cukup dengan suara.

Apple sudah punya Siri dengan fitur yang sama. Google juga harus bersaing dengan fitur OK Google nya kan?

  1. Android Auto

Kalau prediksi ini sangat mungkin hadir bahkan dalam sesi keynote di Google I/O nanti selain Android M. Android Auto pada dasarnya adalah teknologi OS dari Google untuk platform Mobil.

Itulah prediksi saya di Google I/O 2015, atau kalau boleh saya sebut sebagai “Muktamar Google tahun 2015”, hehe.