Hari ini adalah tepat 2 minggu sebelum Microsoft (setidaknya menurut jadwal) akan menarik semua dukungannya ke OS Windows XP. Sejak tanggal 22 Oktober 2010 nanti, semua pengguna PC tidak akan lagi dapat menemukan PC dengan kondisi pre-installed Windows XP. Itu artinya, mau tak mau anda harus membeli versi yang lebih baru, mulai dari Vista sampai Windows 7.

Penarikan dukungan dan penghentian penjualan Windows XP pernah ditunda beberapa kali dengan berbagai alasan selain pengguna dan kepopulerannya yang masih luar biasa. Dua hal penting yang dapat dicatat menghalangi niat Microsoft pada waktu itu untuk menghentikan XP adalah belum stabilnya Windows Vista dan mulai menanjaknya platform netbook yang dikemas dengan pre-installed Linux.

Sejak diluncurkan pada 25 Oktober 2001 di Amerika, baru sembilan tahun kemudian, si penjual berani menghentikan sepenuhnya. Windows XP mungkin tercatat sebagai sistem operasi yang berjalan pada rentang waktu yang sangat lama, dibanding dengan pendahulu dan penerusnya.

Jadi, Windows XP sudah tidak jaman lagi. Yang masih punya terinstall Windows XP, jangan berharap mendapat update Windows XP SP4 dll selain anda membuat sendiri. hihi.