iMULAI 4.0, sebuah kompetisi inovasi berskala digelar Microsoft dan Amerika Serikat (AS), mengajak perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk berkompetisi di teknologi informasi. Demikian rilis yang dikirim pihak Kedutaan Besar (Kedubes) AS kepada redaksiTribunnews.com, Jumat (9/3/2012).

Ini adalah sebuah kompetisi inovasi bisnis berskala nasional yang disponsori oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Microsoft Indonesia. Kompetisi iMULAI 4.0, yang saat ini berjalan di tahun ke empat, mengundang perusahaan-perusahaan baru Indonesia di bidang Teknologi Informasi (TI) untuk mengirim ide-ide mereka tentang produk dan layanan baru yang dapat membantu para pengusaha berbisnis.

Sepuluh pemenang akan menerima $ 300.000 sebagai bagian dari program BizSpark Microsoft untuk startups TI; perangkat keras untuk mendukung bisnis mereka; dan partisipasi dalam pelatihan khusus untuk membantu mengembangkan inovasi bisnis mereka. Selain itu, pemenang akan memiliki kesempatan untuk menyajikan produk-produk inovatif mereka kepada sekelompok penanam pemodal lokal dan luar negeri, yang mungkin tertarik untuk menanam modalnya. “Kita tahu bahwa inovasi teknologi merangsang perbaikan dalam produktivitas usaha,” kata Direktur USAID Glenn Anders. “Dengan memberikan pengusaha alat yang mereka perlukan untuk berhasil, kami juga mendorong kemakmuran dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan di pasar global.”

“Indonesia memiliki banyak sekali pengembang perangkat lunak dan startups TI yang potensial. IMULAI adalah kesempatan emas bagi mereka yang ingin memimpin dalam inovasi TI,” tambah Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Tidak seperti kompetisi lainnya, visi IMULAI selain membantu pemenang untuk merealisasikan ide-ide mereka, tetapi juga untuk membuktikan kepada komunitas bisnis bahwa inovasi merupakan kunci pembangunan masa depan perekonomian Indonesia. Ini adalah bagian dari komitmen yang dibuat oleh Microsoft Indonesia dan USAID untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia yang kompetitif berbasis pengetahuan. “IMULAI adalah tempat yang tepat bagi perusahaan-perusahaan baru untuk belajar membangun bisnis yang hebat,” kata Shieny Aprilia, salah satu pendiri Agate Studio, perancang game yang merupakan salah satu pemenang tahun lalu “Kompetisi ini membantu startups terhubung dengan dunia usaha yang sebenarnya yang mencakup pakar bisnis, pemodal, dan investor.”

Program kemitraan swasta-publik iMULAI 4.0 adalah salah satu contoh peran serta Amerika Serikat di bawah Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, yang menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendorong inovasi, membangun hubungan antar-bangsa, dan menjawab tantangan global.

Sumber: TribunNews