WordPress.com, versi terhosting dari WordPress, pada bulan ini akan merayakan ulang tahunnya ke 10. Ulang tahun ini bersamaan pula dengan lahirnya, Automattic, perusahaan dibalik WordPress.

WordPress.com hadir tahun 2005, atau dua tahun setelah Matt Mullenweg memulai merilis versi pertama dari CMS WordPress ke publik. Dengan publisitas yang mampu diraih sebagai CMS paling ringan saat itu, Matt Mullenweg kemudian mempunyai ide untuk membangun layanan hosting blog gratis dengan WordPress. Maka lahirlah, WordPress.com.

Dari semenjak awal, WordPress.com memang dilepas sebagai produk freemium, layanan free yang mempunyai model bisnis yang menyesuaikan kapasitas penggunanya. WordPress.com dari awal menyediakan free blog, dengan pemasukan dari iklan, akun dan blog VIP, dan upgrade berbayar misalnya upgrade domain, upgrade storage dll.

Kendati sebagai layanan freemium, WordPress.com tercatat sebagai salah satu dari 50 besar situs terpopuler dunia menurut Alexa loh. Sekitar 60 juta situs WordPress.com saat ini aktif.

Saya mulai mengenal WordPress sejak tahun 2006 awal, dan mulai aktif menggunakan layanannya untuk membuat blog yang populer dulu, dotexe.wordpress.com yang kemudian menjadi dotexe.unnes.ac.id dan kini dorman. Sejak saat itu, saya mulai menjalankan usaha dengan WordPress sampai sekarang.

Sekali lagi, selamat ulang tahun ke 10 untuk WordPress.com