Tanggal 16 Januari 2018 kemarin, Tim Pengembang WordPress resmi merilis versi 4.9.2. Seperti biasanya, Update minor ini menambal beberapa lubang keamanan yang cukup berbahaya yang ternyata bisa merusak WordPress dari versi 3.7 yang lalu.

Nah, di Versi 4.9.2 yang ditambal antara lain XSS Vulnerability di library MediaElement yang berurusan dengan Flash, dimana mulai 4.9.2 WordPress sudah tidak membutuhkan Flash di library-library yang dipakai.

Nah, bagi yang masih bingung cara update WordPress ke versi 4.9.2, silakan ikuti beberapa cara berikut. Ngga sulit kog.

Via Core Updater

Cara ini seharusnya yang paling mudah, karena tool sudah disediakan oleh WordPress. Kita tinggal masukin user dan password FTP dari server untuk mengupdate WordPress ke versi 4.9.2.

Bila bingung, silakan kunjungi saja misalnyanamadomain.com/wp-admin/network/update-core.php dan klik Update.

Via Upload File FTP

Nah, cara ini tergolong manual dan cukup ribet. Kita harus terlebih dulu download file terbaru dari WordPress dari wordpress.org, kemudian Unzip dan upload ke server.

Link downloadnya, secara singkat mengikut format berikut: http://wordpress.org/wordpress-{{versiwordpress}}-no-content.zip

Jadi untuk versi 4.9.2, URL downloadnya adalah http://wordpress.org/wordpress-4.9.2-no-content.zip

Versi yang kalian download ini ngga akan update file wp-content (plugin, themes, dan file uploadan akan aman).

Via wp-cli

Nah, cara ini khususon bagi yang punya akses konsol di server (biasanya server VPS). Ada satu aplikasi WordPress yang bisa dijalankan via konsol/terminal, namanya wp-cli. Sila baca-baca disini

Untuk cara update core via wp-cli cukup jalankan parintah:

wp core update

Nah, itulah rekan-rekanita sekalian cara mengupdate WordPress ke versi terbaru (4.9.2)