Google Rilis Fitur Translate di Gmail

Jakarta – Google baru saja meluluskan salah satu fitur dari laboratorium percobaannya. Fitur ini berfungsi untuk menerjemahkan pesan yang diterima di Gmail.

Fitur yang dinamakan Automatic Message Translation ini diumumkan raksasa internet tersebut pada Selasa lalu, demikian dilansir HuffingtonPost, Rabu (2/5/2012).

Dalam blog resmi Gmail, Jeff Chin selaku product manager untuk Google Translate mengatakan, “Karena penerjemah pesan adalah salah satu yang paling populer, maka kami memutuskan untuk meluluskannya dari Gmail Labs dan menghadirkannya ke dunia nyata.

Labs adalah tempat untuk Google bereksperimen dengan tool-tool baru sebelum mereka menjadi fitur permanen di Gmail. Automatic Message Translation sendiri sudah bersemayam di sana sejak Mei 2009.

Kini dengan kedatangannya, selama beberapa hari ke depan semua yang memakai layanan email dari Google tersebut akan bisa merasakan fitur penerjemah itu.

Jadi jika pengguna menerima pesan yang di luar bahasanya, maka ia tinggal mengklik ‘Translate’ di header yang terletak di atas pesan. Namun jika pengguna menguasai beberapa bahasa, ia bisa mematikan fungsi itu.

Selain mengumumkan kehadiran penerjemah tersebut, Google juga menyiarkan kedatangan 2 fitur lain yakni Title Tweaks dan Smart Mute. Kedua fitur ini berfungsi untuk memudahkan user melihat pesan yang belum dibaca dan memastikan email mengganggu tidak menyambangi inbox. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: