Android Kuasai 68% Persen Pasar Smartphone

Jakarta, Android masih menjadi raja di pasar smartphone. Penelitian terbaru menyebutkan, market share pengapalan smartphone Android secara global mencapai 68%, jauh di atas para pesaingnya.

Setidaknya itulah hasil penelitian dari biro riset Canalys. Sekitar 100 juta unit dari 158 juta unit ponsel yang dikapalkan pada kuartal kedua 2012 menjalankan OS ‘robot hijau’.

Seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (3/8/2012), posisi kedua ditempat iOS yang digunakan di iPhone. Menurut data Canalys, pangsa pasar iOS adalah 16,4%.

Berada di posisi ketiga adalah BlackBerry dengan pangsa pasar 5,4%. Berturut-turut selanjutnya adalah Symbian 4,1%, Windows Phone 3,2%, dan Bada 3,3%.

Salah satu faktor terbesar yang membuat Android berkuasa adalah dominannya OS ini di China yang saat ini adalah pasar smartphone terbesar di dunia. Pada kuartal lalu, 81% ponsel yang dikapalkan di China memakai Android. Sebagian adalah produk lokal seperti Huawei dan ZTE.

“Kebangkitan brand papan atas China dikarenakan beberapa faktor. Reaksi cepat mereka pada permintaan pasar dan pemahaman yang dalam terhadap kebiasaan konsumen lokal menjadi kunci kesuksesannya,” kata Nicole Peng dari Canalys. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: