Sepertinya Masih Ada Perdebatan Nama OpenMandriva

Setelah Om Vanier dan Patricio mengumumkan resmi nama dari Foundation yang akan mengembangkan Mandriva ke depan (OpenMandriva), namun mereka masih meninggalkan nama distro yang masih belum jelas.

Charles Schulz, salah satu anggota board OpenMandriva sekaligus perwakilan resmi Mandriva S.A disana, mengungkapkan bahwa sudah jelas seharusnya baik nama foundation dan nama distro adalah OpenMandriva. Namun, hal ini belum ditentukan pasti oleh komunitas ini.

Per Oyvind yang saat ini menjadi leader Project Mandriva linux menolak secara pribadi (bahkan menggunakan wewenangnya sebagai leader) untuk tidak merilis distro yang sedang dikerjakannya sebagai OpenMandriva. Oyvind jelas dengan tegas mengusulkan komunitas yang akan menentukan nama distro ke depan, dengan usul darinya yaitu Moondrake.

Ya, seperti yang anda tahu polling nama foundation teratas melahirkan 3 kandidat: OpenMandriva, Mandala Linux dan Moondrake. Nah, saya pikir ini akan jadi batu ujian pertama soliditas foundation ini. Apakah akan menggunakan nama Mandriva Linux, OpenMandriva, Mandala Linux atau Moondrake.

Nama OpenMandriva sampai sekarang masih bebas, belum ada project maupun website yang mengklaim. Nama mandala sudah terlalu banyak dan jamak digunakan, sebagai salah satu simbol universalitas di agama Budha. Nama Moondrake sendiri sudah berseliweran dibeberapa web, tapi bukan menunjukkan linux maupun produk komersial.

Saya sendiri setuju dengan usul Oyvind, sebaiknya nama distronya ‘moondrake’, kembali ke root awal pengembangan (mandrake) sehingga banyak pengguna PCLinuxOs, Rosa dan Mageia akan bergabung. Heuheu.

NB. Dapat bocoran juga, akhir minggu ini kalau tidak ada halangan, Oyvind Karlsen akan merilis versi Alpha2. Kita tunggu saja!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: