Lukman Edy: Capres Independen Sulit Direspons

Jakarta – Terkait dengan Pemilihan Umum 2014 mendatang, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI, Lukman Edy menyatakan, rakyat harus diberi peluang besar untuk memilih lebih banyak capres yang diinginkan.

Kendati demikian, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) ini juga mengingatkan, dengan memunculkannya capres dari jalur independen merupakan sebuah jalan buntu. Karena hal tersebut tidak mungkin bila bersandar pada konstitusi yang hanya memberikan peluang terhadap parpol atau gabungan parpol, seperti yang dijelaskan dalam pasal 6 UUD 1945.

“Capres dari Jalur Independen tidak akan direspons oleh parpol parpol yang ada, kecuali dilakukannya amandemen,” terang Lukman Edy, Selasa (20/11/2012).

Dia menambahkan, dengan angka President Threshold diangka 15-20 persen, maka partai secara otomatis partai besar akan mengusung capres sendiri-sendiri. Sehingga tinggal bagai mana partai menengah bisa memanfaatkan peluang untuk berkoalisi mengusung capres independen.

“Dengan PT capres 15-20 persen, maka parpol-parpol besar sudah dapat dipastikan maju dengan dengan calonnya masing masing, tanpa koalisi,” tandasnya.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan, ada kemungkinan bila partai menengah berkoalisi maka akan menciptakan pemimpin yang dikendaki oleh partai koalisi tersebut sesuai dengan keinginan rakyat. Sumber: DPP PKB

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: