Yayasan OpenMandriva Memilih Menjadi NGO a la Perancis

Akhirnya setelah diskusi cukup panjang antara tim transisi Mandriva Linux dari Korporat ke Komunitas dengan pengacara yang ditunjuk, Yayasan OpenMandriva (OpenMandriva Foundation) resmi memilih menjadi NGO (LSM, dalam bahasa Indonesia) di negara Perancis. Dengan opsi ini, yayasan ini akan terjamin dari sisi kebebasan dan kemandiriannya, sesuai hukum yang berlaku di Perancis (Lihat: Loi 1901 Frechs Association).

Dari blog post MandrivaLinux.org, disampaikan pula bahwa Governance Team pertama yang sudah terbentuk akan tetap memimpin pengembangan yayasan OpenMandriva sampai akhirnya pemilihan umum pertama dari Governance Team telah siap dilakukan oleh komunitas.

Tampaknya berjalannya migrasi Mandriva Linux dari korporat ke komunitas berjalan cukup lambat ya, termasuk pengembangan Mandriva Linux 2012 yang seharusnya sudah mulai masuk ke versi Release Candidate, tapi masih berkutat pada Alpha 2 (seperti yang ditulis oleh Per Oyvind di Forum)

.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: