Dell Mulai Beralih dari Android ke Windows 8?

emka.web.id – Dalam konferensi Dell World minggu lalu, kepala bisnis komsumer Dell Jeff Clarke membuat pengumuman bahwa perusahaannya bakal berhenti membuat perangkat Android.
Dia mengatakan bahwa Dell tak akan kembali terjun ke pasar yang diperkirakan MarketsandMarkets akan bernilai 150,3 miliar dollar AS pada 2014 tersebut. “Butuh banyak investasi untuk benar-benar bisa sukses,” ujar Clarke seperti dikutip dari Forbes.

Dell sempat membikin perangkat Android dengan bentuk layar lebar yang populer saat ini, yaitu Streak yang memiliki ukuran layar 5 inci dan lebih dulu muncul dibandingkan Galaxy Note dari Samsung.

Perusahaan yang berbasis di Texas, Amerika Serikat itu berhenti menjual perangkat mobile di Negeri Paman Sam tahun ini. Streak 7 adalah tablet Dell terakhir untuk pasaran AS. Sebelumnya, Dell Streak 5 telah terlebih dahulu dimatikan pada Agustus 2011.

Beberapa perangkatnya masih bisa ditemukan di China, tapi hal tersebut tak akan berlangsung lama.

Clarke menambahkan bahwa Android adalah bisnis yang mengandalkan konten. “Amazon menjual buku dan Google punya fitur search yang jadi andalannya. Sedangkan kami sejauh ini tak bisa menemukan cara untuk membangun bisnis di Android.”

Lalu, kalau bukan Android, apa yang akan menjadi andalan masa depan Dell? Perusahaan ini mengatakan bakal mendorong perangkat-perangkat berbasis Windows 8 dan yang diperuntukkan bagi segmen enterprise. Salah satu contohnya adalah ultrabook convertible Dell Streak yang menggabungkan konsep laptop dengan tablet.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: