Ilmuwan Australia Kembangkan Buah Nanas Rasa Kelapa

QUEENSLAND – Sekelompok ilmuwan asal Australia kini tengah meneliti pengembangan nanas jenis baru. Tak lagi sekadar nanas yang manis dan berair, tetapi nanas yang memiliki rasa gurih seperti kelapa.

Menurut Departemen Pertanian Negara Bagian Queensland, Australia, nanas yang diperkirakan akan menjadi nanas pertama di dunia yang memiliki rasa unik tersebut kini berada di tahap terakhir eksperimen. Jika percobaan sudah selesai, varitas baru dari nanas ini akan disebut sebagai ‘AusFestival Pineapple’.

“Uji coba rasa membuktikan bahwa nanas AusFestival adalah juaranya. Ia punya rasa seperti kelapa yang tidak akan Anda temui pada nanas manapun di Australia,” ujar Garth Sanewski, pakar hortikultura dari Departemen Pertanian Negara Bagian Queensland seperti dikutip dariTelegraph.

“Nanas ini memiliki rasa yang manis, rendah asam, dan sangat juicy,” tambahnya.

Menurut Senewski, awalnya para peneliti tidak bermaksud untuk membuat nanas yang memiliki rasa kelapa seperti itu.

“Saat kami tengah mengembangkan, kami tidak sedang membuat nanas berasa kelapa atau pun rasa lainnya. Kami hanya berupaya membuat nanas yang memiliki rasa yang enak. Kami hanya ingin membuat varietas nanas yang manis, rendah asam, dan memiliki aroma.”

Negara bagian Queensland merupakan wilayah penghasil nanas terbesar di Australia. Setiap tahun wilayah ini menghasilkan sekitar 80 ribu ton nanas.

Namun tahun lalu, pemerintah setempat mulai berupaya mengembangkan varietas nanas unggulan yang memiliki rasa yang enak namun rendah biaya untuk bersaing dengan nanas-nanas impor dari luar negeri. Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: