Mulai Februari 2013, Tweet Dengan Link Akan Lebih Panjang

Berkicau di Twitter dalam jumlah 140 karakter, kerap dianggap kurang memuaskan oleh sebagian penggunanya.

Mulai Februari 2013, Twitter akan mengurangi jumlah karakter tweet-nya. Jangan bersedih dulu, perubahan ini hanya berlaku untuk tweet-tweet yang mengandung link/URL.

Biasanya, jika kita nge-tweet yang berisi link, sekitar 20 karakter akan habis terpakai untuk pemendek tautan link. Alhasil, kita hanya punya ruang 120 karakter untuk menulis konten tweet.

Twitter nantinya mengurangi dua arakter tweet-nya. Untuk tweet-tweet yang mengandung link/URL yang diawali ‘http’, jumlah karakternya akan berkurang dari 120 menjadi 118.

Sedangkan untuk tweet-tweet yang mengandung link secure yang diawali ‘https’, jumlah karakternya akan berkurang dari 119 menjadi 117.

Tidak dijelaskan alasan pengurangan karakter ini. Twitter hanya menyatakan, mereka ingin memperpanjang jumlah karakter pemendek tautannya hingga dua karakter lagi.

“Kami akan menambah panjang maksimum pemendek tautan t.co dari 20 menjadi 22 karakter untuk URL non-htpps, dan 21 menjadi 23 karakter untuk URL https,” tulis Jason Costa melalui situs Twitter Dev.

Pemendek tautan t.co di Twitter umumnya berjumlah 20 karakter. t.co merupakan pemendek tautan yang khusus digunakan untuk memendekkan tautan/link apapun yang di-share di Twitter.

Pengumuman perubahan ini ditujukan untuk para developer, agar mereka dapat memperbarui aplikasi mereka, sebelum Twitter memberlakukan perubahan ini. Sumber: TribunNews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: