Canonical Akhirnya Menampilkan Rencana Ubuntu Tablet

Canonical — perusahaan dibalik distro Ubuntu — sedang punya hajat besar tahun ini. Setelah sukses mengembangkan sistem operasi Ubuntu, kemudian bergerak ke pasar Cloud, tahun 2013 ini Canonical melangkahkan diri secara pasti terjun ke pasar mobile.

Ya, seperti yang sudah saya beritakan kemarin, Canonical akan meluncurkan Ubuntu Phone setidaknya akhir tahun 2013. Dan besok pagi (tanggal 21 Februari 2013) adalah waktu dimana Canonical untuk pertama kalinya akan merilis image/installer dari Ubuntu Phone tersebut. Installer yang diberi nama TouchAndInstall ini masih belum jelas seperti apa bentuknya. Apakah seperti installer yang sudah beredar diantara para geek diluar sana yang sudah berhasil mengubah Google Nexus mereka menjadi Ubuntu Phone, atau berbeda jauh dari cara itu? Mungkin besok adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya.

Belum usai memberi rasa penasaran ke publik penikmat Ubuntu dengan rencana Ubuntu Phone, Canonical hari ini juga tiba-tiba menampilkan satu lagi page baru dalam halaman Ubuntu.com yang berisi Ubuntu Tablet. Sepertinya, Canonical akan merilis Ubuntu Phone dan Ubuntu Tablet bersamaan besok (21/02/2013).

Ini loh tampilan Ubuntu Tablet nantinya:

Ubuntu Tablet ini menurut Canonical, akan dibagi dalam 2 kategori. Kategori Entry Level dan kategori High-end.
a. Entry Level: dual-core Cortex A15 processor, 2GB RAM, minimum 8GB flash storage, 7-10 inch screen size and 4 fingers multi-touch.
b. High End: Quad-core A15 or Intel x86, 4GB of RAM, minimum 8GB of flash storage, 10-12 inch screen size and 4-10 fingers multi-touch.

Perbedaan kedua kategori diatas hanya dimasalah hardware dan fitur konvergensi desktop. Ya, kategori Entry Level berarti tidak bisa dikonvert ke Desktop dengan docking custom milik Ubuntu.

Silakan saksikan trailernya disini:

Selamat menunggu!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: