PCNU Kraksaan Gelar Lomba Masjid Jelang Harlah NU

PROBOLINGGO – Dalam rangka untuk memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-90 Nahdlatul Ulama (NU) menurut penanggalan qamariyah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan melalui Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) dalam menggelar lomba masjid NU se Cabang Kraksaan.

Penilaian terhadap lomba masjid NU ini akan digelar di beberapa Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) se Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kraksaan. Penilaian sendiri akan dilakukan setiap hari Jum’at dan Ahad.

Ketua PC LTMNU Kraksaan H. Didik Abd Rohim menjelaskan lomba ini bertujuan untuk memotivasi tentang keberadaan masjid dan takmirnya. Sebab, disamping sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan sarana interaksi sosial yang signifikan dengan era perkembangan zaman saat ini.

“Dasar pelaksanaan lomba ini berpedoman pada hadits Rasulullah SAW yang artinya orang yang selalu menggantungkan hatinya di masjid akan diberi pengayoman pada hari kiamat. Intinya kami ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memakmurkan masjid yang ada di desa,” ujarnya kepada NU Online, Kamis (2/5).

Menurut Didik, lomba masjid NU ini diikuti oleh 13 masjid terbaik yang sudah lolos penilaian di masing-masing MWCNU. Masjid yang ikut lombapun diambilkan masjid jami’ desa yang bukan masjid pesantren atau masjid kecamatan. Ke-13 masjid jami’ desa tersebut dinilai dalam hal implementasi dibidang idaroh (administrasi), imaroh (kemakmuran) dan ri’ayah (perawatan) oleh beberapa dewan juri.

”Melalui lomba ini kami berharap supaya keberadaan masjid itu ada mulai dari kegiatan, manajemen dan mengoptimalkan kegiatan takmir secara profesional dan porposional. Selain itu bisa mempertahankan akidah Ahlussunnah wal jamaah annahdliyah. Sebab, NU bukan sekedar harapan, tetapi sebuah kenyataan,” jelasnya.

Dikatakan Didik, lomba ini digelar kembali karena berdasarkan dari evaluasi yang digelar oleh PC LTMNU Kota Kraksaan, setelah mengikuti lomba rata-rata masjid sudah mulai melakukan pembenahan baik di bidang idaroh, imaroh dan ri’ayah.

Sumber: NU Online

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: