AMD Siapkan “Zen” untuk Saingi Intel “Skylake”

AMD tak tinggal diam setelah langkah pengumuman yang dilakukan Intel pada Intel Developer Forum (IDF) 2014 yang lalu dengan mengumumkan arsitektur prosesor baru dengan codename Skylake. AMD baru saja merilis codename baru dengan spesifikasi pabrikasi 14 nanometer dengan codename “Zen”.

Baik Intel Skylake dan AMD Zen nanti akan dipabrikasi dengan teknologi 14 nm FinFET. Diklaim bahwa kedua produk prosesor baru tersebut akan lebih kencang dan daya yang lebih efisien dari yang sekarang beredar di pasaran.

Jika Intel Skylake dibuat dan dipasarkan khusus untuk pengguna kelas enterprise, AMD lebih memilih strategi lain dengan memasarkannya secara massal ke pasar konsumer. Menurut situs VR-Zone, AMD Zen sendiri akan hadir terlebih dulu sebagai prosesor untuk server dan workstation. AMD Zen disebut akan menawarkan teknologi octa core, punya kontroler memori yang sudah mendukung RAM DDR 4 dan PCIe 3.0, serta punya konsumsi daya yang cuma 95 watt.

Diperkirakan AMD Zen mulai dipasarkan pada semester kedua tahun 2015 ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: