Nexian, Evercoss & Mito Luncurkan Android One

Jakarta – Berawal dari India, Google akhirnya meresmikan platform Android One di Indonesia. Raksasa internet ini menggandeng tiga produsen lokal untuk memasarkan platform ponsel Android murah itu.

Tidak jauh berbeda, ketiganya mengusung desain referensi yang disodorkan Google. Di antaranya adalah penggunaan prosesor quad core 1,3 GHz dan RAM sebesar 1 GB. Namun memori internalnya didongkrak jadi 8 GB.

Sebagai informasi, ponsel Android One yang dijual di India kapasitas memori internalnya rata-rata masih 4 GB. Tentu ini menguntungkan konsumen Indonesia.

Untuk sektor kameranya sama dengan desain referensi Google yakni kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. Adapun bentang layarnya seluas 4,5 inch dengan resolusi 840×480 pixel. Tak luput ponsel Andoid one juga menawarkan fitur dual SIM.

Penasaran siapa saja produsen ponsel lokal yang ditunjuk Google? Jadi yang ditunjuk adalah Nexian, Evercoss dan, Mito. Bahkan dua produsen di antaranya sudah tinggal hitungan jam untuk meluncurkan ponsel murah Android One ini.

Sementara itu soal harga, bila Google sempat menyebut ponsel Android One akan dihargai di angka USD 100 atau sekitar Rp 1,2 jutaan, maka ketiga produsen lokal yang dipercaya Google menjualnya di rentang harga yang tidak terlalu jauh yakni seharga Rp 1,4 juta.

“Kami senang dapat menghadirkan ponsel Android One di Indonesia. Bekerjasama dengan mitra hebat seperti Nexian, Evercoss, dan Mito, kami berhasil mendesain dan memasarkan ponsel berkualitas mumpuni, tapi dengan harga yang terjangkau,” ujar Caesar Gupta, VP Manajemen produk Google, di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (4/2/2015).

Banderol yang dimiliki ponsel Android One mungkin kelihatannya tak berbeda signifikan dibanding ponsel sekelasnya. Namun daya tarik ponsel Android One terletak pada dukungannya yang langsung ditangani oleh Google.

Artinya, tiap ada ada update terbaru dari Google, ponsel Android One akan jadi yang pertama kebagian. Sedangkan ponsel-ponsel lain yang sekelas tentu harus menunggu update dari produsennya masing-masing.

“Kami tak sabar melihat reaksi konsumen di Indonesia (terhadap ponsel Android One),” pungkas Gupta. sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: