Script Analisis Kecepatan Situs dengan SiteSpeed.io

SiteSpeed.io adalah script analisis kecepatan situs dan performanya secara umum. Tool ini membantu kita menganalisis kecepatan akses situs, best practices performa yang tercatat dan matrik waktu yang dibutuhkan.

Cara kerja mempercepat situs dengan SiteSpeed.io sebenarnya tergantung dari tindak lanjut atas report yang dihasilkan dengan SiteSpeed.io itu sendiri. SiteSpeed.io akan menggali data dari sejumlah halaman pada web kita, menganalisisnya dengan rule-rule tertentu dan menghasilkan output berupa file HTML yang bisa kita baca.

Dengan SiteSpeed.io sebenarnya kita bisa menganalisis lebih dari situs, menganalisis dan membandingkan satu situs dengan situs lain.

Logo SiteSpeed.io

Cara Install SiteSpeed.io

SiteSpeed.io pada dasarnya adalah skrip NodeJS, sehingga untuk menginstallnya, cukup dengan menggunakan fasilitas dari npm.

npm install -g sitespeed.io

Sedangkan Cara untuk menjalankan SiteSpeed.io adalah lewat command line dengan perintah:

sitespeed.io -h

Adapun kelebihan dari SiteSpeed.io antara lain:
1. Hasil report yang bisa dibaca bahkan oleh orang yang cukup awam dengan monitoring server. Hasil yang berupa file HTML tersebut disajikan dalam kolom-kolom yang diberi warna-warna yang cukup mencolok dan membedakan satu sama lainnya.

  1. SiteSpeed.io sangat mendukung dijalankan sebagai aksi berkala (cron). Kita bisa melakukannya dengan plugin GruntJS. (kapan-kapan kita akan bahas ini)

  2. Mendukung waktu fetch dengan browser asli yang terpasang di mesin. Untuk sementara, SiteSpeed.io hanya mendukung browser Chrome dan Firefox.

  3. Dikembangkan secara opensource, sehingga lebih terpercaya dan dapat dikembangkan lebih lanjut tanpa harus takut terkekang.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: