Android M Hadir Sebentar Lagi, Inilah Fitur-fiturnya

Konferensi Google I/O 2015 sebentar lagi akan dilangsungkan di San Fransisco tanggal 28 Mei nanti. Perusahaan raksasa mesin pencari ini kemungkinan besar akan merilis produk terbaru Androidnya, Android M.

Nah, berikut adalah beberapa fitur-fitur yang kemungkinan besar ada di Android M nanti. Semuanya saya rangkum dari beberapa situs tekno.

1. Integrasi dengan Android Wear

Ya, platform baru berupa smartwatch dipastikan akan membuat Android M tidak ingin ketinggalan pasar. Sudah ada beberapa produk Android Wear yang sudah hadir. Mereka dipastikan akan mendapat amunisi baru melawan Smartwatch Apple yang kini semakin banyak dicari.

2. Baterai Lebih Tahan Lama

Kemungkinan akan ada inovasi dibidang baterai. Adalah Project Volta, sebuah proyek resmi dari Google yang ditujukan untuk meneliti teknologi baterai. Dulu, Project Volta pernah memperkenalkan fitur “Battery Historian”. Harusnya, tahun ini mereka akan memperkenalkan lagi fitur baru pengemat baterai untuk smartphone dan tablet yang masih jadi penghambat.

3. Notifikasi Lebih Luwes

Notifikasi di Android Lolipop sudah sangat baik. Lebih baik, jauh dibanding notifikasi sebelumnya di versi android terdahulu. Mungkin, Android M akan menampilkan notifikasi dengan gaya yang berbeda lagi. Misalnya terkait bagaimana cara mereka menangani banyaknya notifikasi dari aplikasi yang berjalan di background.

4. Fitur Uninstall Aplikasi

Kalau saja ada opsi untuk melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak perlu, Android M akan menjadi android terbaik menurut saya. Iya, kita tidak perlu melakukan rooting gadget kita. Kenapa uninstall aplikasi default itu penting? karena kebanyakan dari mereka tidak pernah kita gunakan atau tidak sesuai selera kita.

5. Dark Mode dan Night Mode

Material Design yang ada sejak Android Lolipop memang sangat cantik. Banyak juga yang tidak suka. Contohnya para penikmat malam, mode Dark dan mode Night akan sangat menarik bagi mereka.

Demikian Fitur-fitur Android M yang kemungkinan akan dirilis pada Google I/O 2015 nanti.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: