Pembukaan Kongres Partai Demokrat Tidak Dihadiri Elite Partai Koalisi Merah Putih?

Pembukaan Kongres IV Partai Demokrat dihadiri oleh seluruh pimpinan partai politik dari Koalisi Indonesia Hebat, Selasa (12/5/2015) malam, di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur. Sebaliknya, mayoritas pimpinan partai politik dari Koalisi Merah Putih tidak tampak selama acara berlangsung.

Satu-satunya petinggi KMP yang hadir di acara tersebut hanya Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon. Fadli hadir dalam kapasitas mewakili Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berhalangan hadir karena sedang di luar negeri.

“Pak Prabowo ke luar negeri, jadi tidak bisa hadir, jadi saya yang mewakilinya,” kata Fadli seusai menghadiri acara pembukaan kongres tersebut.

Menurut Fadli, ketidakhadiran mayoritas pimpinan partai politik dari KMP tidak perlu dijadikan polemik. Ia menilai hal itu sangat wajar karena padatnya kesibukan masing-masing ketua umum partai politik dari KMP.

“Ya wajar, kan mereka banyak kegiatan, pasti sibuk. Tidak ada hal lainnya, hanya soal kesibukan saja,” ungkapnya.

Acara pembukaan Kongres IV dihadiri sekitar 1.200 kader Demokrat. Hadir juga sejumlah mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, di antaranya Mohammad Nuh, Sudi Silalahi, Chairul Tanjung, Agung Laksono, dan Hatta Rajasa.

Sementara pimpinan lembaga tinggi negara yang hadir adalah Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Irman Gusman, dan Ketua DPR Setya Novanto. Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno juga tampak di lokasi. Sedangkan pimpinan partai politik yang hadir adalah Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua Umum PKPI Soetiyoso, dan Wakil Sekjen PDI Perjuangan Eriko Sotarduga.

Dalam kongres ini digelar pemilihan dan penetapan Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020. Susilo Bambang Yudhoyono terpilih sebagai ketua umum karena menjadi calon tunggal. Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, semua ketua DPC dan DPD telah menyerahkan dukungan untuk SBY pada Steering Committee Kongres IV.

Pendaftaran calon ketua umum telah ditutup sejak Selasa pukul 12.00 WIB. Dukungan untuk SBY mengalir deras dari peserta kongres karena menganggap Presiden keenam RI itu sukses memimpin Demokrat pada periode sebelumnya.

SBY juga diyakini mampu mengembalikan kejayaan Demokrat saat menghadapi pilkada serentak pada akhir tahun ini dan Pemilu 2019. Setelah acara pembukaan, agenda kongres akan memasuki sidang paripurna. Tidak menutup kemungkinan SBY akan ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua umum pada malam ini juga.

Sumber: Kompas.com

 

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: