XL Klaim Kuasai Pulau Belitung

                            BELITUNG,  XL Axiata berhasil menguasai pasar telekomunikasi seluler Pulau Belitung. Operator seluler ini mengklaim berhasil menguasai sekitar 85 persen pasar negeri Laskar Pelangi tersebut.GM Sales Sumatera Bagian Selatan XL Axiata Moh. Sopyan Rambe membeberkan bahwa pelanggan XL di pulau ini telah mencapai angka 211.000 dari jumlah penduduk sekitar 280.000 jiwa.

Kesuksesan XL mendominasi pasar di Pulau Belitung boleh jadi disebabkan oleh kejelian operator melihat peluang. Pada 2014 lalu, XL dikatakan sudah mulai membangun infrastruktur telekomunikasi ketika melihat adanya peluang pariwisata.

Saat itu, operator kompetitor dikatakan masih belum terlalu serius menggarap pasar pulau ini.

“Pada 2004, kami mulai bangun jaringan di Pulau Belitung karena ekonomi masih sehat dan melihat peluang pasar seluler masih tinggi. Dua tahun kemudian baru kompetitor bangun di Belitung,” ujar Sopyan di ajang National Media Gathering XL Axiata di Belitung, Rabu (17/2/2016).

Tidak hanya digunakan di sebagian besar penduduk Belitung, tingkat pendapatan per pengguna (ARPU) juga diketahui cukup besar. Masih menurut Sopyan, tingkat ARPU di Belitung bisa mencapai angka Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Di Provinsi Bangka Belitung (gabungan pulau Bangka dan Belitung) sendiri, XL telah menguasai 38 persen pasar dari jumlah penduduk yang mencapai 570.000 jiwa.

Sementara itu, khusus untuk Bangka, XL mengaku berhasil mendapatkan pangsa pasar sekitar 35 persen.

“Tidak bisa setinggi di Belitung karena pilihan operator seluler sudah banyak di Bangka,” pungkas Sopyan.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: