Nuris Got Talent, Sukses

Jember,
Untuk kesekian kalinya, OSIS SMP, SMA, SMK dan  MTs.-MA Unggulan Nuris, Antirogo, Jember sukses menggelar Nuris Got Talent. Kesuksesan pergelaran acara yang digelar Ahad itu (1/11) bisa dilihat dari jumlah pesertanya yang mencapai lebih dari 750 orang. Mereka berasal dari  150 sekolah se-Jawa Timur seperti Sidoarjo, Malang, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Jember selaku tuan rumah. Adapun cabang yang dilombakan meliputi Olimpiade MIPA, English Speech,  Arabic Speech,  Pidato Bahasa Indonesia,  Puisi dan Tartil (SMP-MTs.). Sedangkan untuk tingkat SD-MI meliputi Olimpiade Matematika, Tartil dan  Adzan.

Sukses acara tersebut menggambarkan betapa pesantren juga bisa dan dapat menggelar sebuah event bertaraf regional dengan baik. Dalam pembukaan acara, hadirin disuguhi penampilan Nuris Band dengan membawakan lagu asal Timur Tengah yang saat ini lagi ngetren, yaitu Kun Anta  (jadilah dirimu sendiri). Lagu ini dibawakan Nuris Band dengan gaya pop modern layaknya boyband.  Tidak hanya itu, Nuris Band yang dihuni  5 personel itu –semuanya pelajar—juga membawakan sebuah lagu berbahasa Inggris; Muslim of the World. Lagu ini dinyanyikan sangat  fasih dengan 4  bahasa, yaitu Arab, Inggris, Jerman dan Perancis. Intinya isi lagu tersebut adalah muslim seluruh dunia cinta damai dan menolak segala bentuk terorisme dan kekerasan.

Demikian juga, MC-nya dalam mengantarkan acara pun meneggunakan dua bahasa, yaitu Arab dan Inggris. Itulah yang membuat Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf manggut-manggut bangga. “Sangat baik.  Bahasa Arab dan Inggrisnya,  baik dari MC, penampilan Nuris Band, dan panitia acara baik di panggung maupun di luar panggung yang bercakap-cakap dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan lancar,” pujinya saat memberikan sambutan.

Tidak hanya itu, untuk menambah kualitas acara,  panitia sengaja mendatangkan juri yang ahli di bidangnya. Misalnya, untuk juri English Speech, didatangkan Charlotte Blackburn, seorang doktor dari Queen  University, USA. Sedangkan untuk juri Arabic Speech dihadirkan ustadz Fauzan Lc., alumni Universitas Al-Azhar, Kairo  dan ustadzah Wardatul Badriyah, alumni perguruan tinggi di Yaman. 

“Nuris sendiri tidak mengirimkan wakil di event ini untuk menjaga netralitas, karena ini penyelenggaranya Nuris semua,” ucap Rahmatulloh Rijal, Kepala SMP Nuris, Antirogo, Jember.

Setelah dilakukan penilaian, maka dihasilkan juara sebagai berikut. Untuk Olimpiade Matematika tingkat SD/MI, juara pertama diraih M. Rafif Tri (SDN 1 Jember). Sedangkan juara pertama lomba tartil direbut  Yusril (SDN Jember Lor 03). Sementara juara lomba adzan disabet Ahmad Robert (SD Al-Baitul Amin). Sementara Olimpiade MIPA tingkat SMP/MTs. Jawara diraih oleh Ahmad Dhani S. (SMP Bustanul Makmur,  Banyuwangi). Untuk lomba puisi,  juara pertama direngkuh Kholifah Anggun (SMPN 10 Jember). Lomba tartil, juara satu menjadi milik Makinatul Aminah (MTs.N. 01 Jember). Sedangkan lomba English Speech, diraih Dewi A. (SMPN 04 Jember). Sementara untuk lomba Arabic Speech, juara  satu dimenangkan oleh Abd. Fatah (MTs. Nurul Jadid, Probolinggo). Lomba pidato Bahasa Indonesia, juara pertama digenggam Zulfa Rofinatun (MTs. Nahdatul Tholabah). (Aryudi/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: