Pelantikan Ikatan Alumni PMII Jawa Tengah

Semarang, NU Online
Pengurus Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jawa Tengah periode 2011–2016, Ahad (24/7) dilantik di Hotel Semesta Semarang.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum PB IKA PMII H Arif Mudatsir Mandan dan dilanjutkan Sarasehan plus Rapat Kerja. Tokoh senior PMII semasa kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengambil sumpah ketua IKA PMII Jateng, Dr H Noor Ahmad dan jajarannya. 

Hadir dalam acara tersebut, pejabat Muspida Jateng, ketua PWNU Jateng H M Adnan, beberapa ketua Parpol, anggota DPRD, pengurus lembaga, lajnah dan banom NU, serta sejumlah akademisi Jateng.

Banyak nama orang-orang penting masuk dalam jajaran kepengurusan tersebut. Diantaranya, di Majelis Pertimbangan, ada Mantan Gubernur Jateng Ali Mufiz, Dirjen Mantan Rektor IAIN Walisongo Abdul Jamil, dan ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji.

Noor Ahmad sendiri adalah rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang. Nama-nama kiai pengasuh pesantren maupun dosen banyak menghiasi kepengurusannya tersebut. Juga politisi, kepala daerah, pejabat Kemenag maupun wartawan dan aktivis LSM. Tak sedikit pula pengusaha.

Noor Ahmad didampingi wakil ketua Prof Dr Muhibbin Noor, rektor IAIN Walisongo,  Prof Dr Purbayu, dosen Undip, dan Dr Abu Hapsin Umar, dosen pascasarjana  IAIN Walisongo. Plus 12 wakil ketua lain dengan beragam profesi dan ketokohan masing-masing.

Adapun sekretaris umumnya, dipercayakan kepada Ali Munir, dosen IAIN Walisongo. Bendahara Umum, dipegang oleh anggota DPRD Jateng, Haritsah.

Ketua PB IKA PMII Arif Mudatsir Mandan dalam sambutannya menyampaikan, potensi alumni PMII sangat besar dan telah menyebar di berbagai bidang. Sumber daya manusianya harus disatukan dan digerakaan agar bisa melakukan banyak hal untuk umat manusia maupun bangsa Indonesia.

Dikatakannya, bangsa Indonesia butuh orang-orang yang punya ideologi kuat dan biasa mengabdi dalam kesederhanaan. Ditambah kuatnya iman dan pemahaman keagamaan ala NU yang infklusif, membaut alumni PMII layak dan sangat disarankan untuk mengambil peran lebih besar dalam peri kehidupan bangsa dan negera Indonesia. Bahkan di kancah dunia.

“Potensi kita sangat banyak dan luar biasa. Semua alumni PMII patut mengambil peran lebih besar untuk bangsa ini. Karena kader NU ditunggu perannya,” tuturnya.

Dalam sarasehan, dibahas beberapa hal tentang kondisi keagamaan umat, situasi politik dan tangangan ekonomi Indonesia maupun Jateng. Menghadirkan Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jateng Mohammad Affan ,anggota Komisi II DPR RI, Ahmad Muqowwam, Wakil ketua PWNU Jateng Abu Hapsin Umar. Moderatornya Hasyim Asy’ari, mantan anggota KPU Jateng. Tiga terakhir adalah alumnus PMII.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: