5 Delegasi Negara Siap Hadir di Muktamar Thariqah An-Nahdliyah di Kab. Malang

Malang, NU Online
Kehadiran tamu khusus dari 5 negara dari Timur Tengah dipastikan akan semakin menambah bobot pelaksanaan Muktamar Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) ke 11 yang akan digelar di Pondok Pesantren Al Munawariyah Bululawang Kabupaten Malang Jawa Timur.

Pasalnya, Para delegasi tidak hanya sebagai peserta pasif, akan tetapi juga berdiskusi secara intensif dengan pengurus dan musryid thariqah dan juga memberikan ceramah kepada peserta muktamar selama acara berlangsung.

Meski secara khusus ke 5 delegasi akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan dinamika dunia Islam khususnya di negara Timur Tengah, para delegasi akan merumuskan draft pembentukan AR-RABITHAH ATH-THARIQIYYAH AL-‘ALAMIYYAH (RTA).

Menurut Sekretaris Jendral Idaroh Aliyah Jatman KH Mohammad Masroni, hadirnya utusan khusus dari negara negara Timur Tengah menjadi sangat penting, apalagi melihat akhir akhir ini pergolakan di negara Timur Tengah, maka thariqah sangat berkepentingan terciptanya dunia Islam yang damai.

Untuk efektifitas dan optimalisasi peran thariqah tersebut di atas maka dibutuhkan sebuah organisasi thariqah tingkat dunia sebagai media komunikasi dan konsolidasi dari para mursyid dan pengamal thariqah  untuk merumuskan konsep dan langkah strategis dalam mengembangkan ajaran thariqah untuk menciptakan peradaban dunia dan masyarakat dunia yang damai dan berkeadilan.

Karena itu, menurut Kiyai Masroni adalah menjadi sebuah keniscayaan dibentuknya sebuah organisasi thariqah tingkat dunia (Ar-Rabithah Ath-Thariqiyyah Al-’Alamiyyah) yang bertujuan untuk merealisasikan visi dan misi dari ajaran thariqah tersebut.

Delegasi kelima negara yang telah menyatakan hadir ialah Sudan Syech Umar Idris Hadrah (Menteri Wakaf dan Irsyad, Ketua Umum Majelis Tinggi Dakwah Islam) dan Syech Muhammad Sulaiman Muhammad Ali (Sekjen Umum Majelis Tinggi Dakwah Islam). Dari Mesir Syech Amru Musthafa Al Wardani  dan Syech Usama Mahmud Muhammad As Sayyid Al Azhari keduanya delegasi dari Naib Wakil Syech Al Azhar.

Sedangkan dari Syiria hadir Syech Mamud Khalid Chehadah (Wakil Rektor Universitas Islam Damaskus dan Syech Umar Muhammad Rajab Deeb (Cucu Wakilnya Syech Rajab Deeb) dan dari Yaman Yordania Habib Zaid bin Abdurrahman bin Yahya (Naib Habib Umar bib Hafidz Darul Musthafa). Adapun utusan dari Malaysia, Singapura, Brunai, Jepang, dan Thailand masih dalam konfirmasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: