Alwi Shihab: Jihad itu mencerahkan, bukan Membunuh

Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Alwi Shihab mengatakan bom bunuh diri yang dilakukan di Cirebon saat orang hendak melakukan sholat Jumat bukanlah jihad. Menurutnya, Jihad adalah melakukan tindakan yang bisa membuat harmonis semua orang.

“Saya rasa jihad bukanlah sesuatu hal untuk membunuh orang ataupun bunuh dirinya sendiri. Menurut saya jihad adalah memberikan sebuah pencerahan seperti yang saya lakukan malam ini yaitu untuk membuat hubungan lebih harmonis bukan untuk saling membenci,” kata Alwi sebelum acara peluncuran buku berjudul Examining Islam in The West, di Jakarta, Senin (18/4).

Menurutnya, pelaku bom bunuh diri di Cirebon orang yang tidak waras. Hal tersebut dilihat dari tindakannya yang mengebom di rumah ibadah dan saat orang hendak menunaikan sholat Jumat.

“Saya nyatakan bahwa pelaku pengeboman ini orang yang tidak waras karena tidak mungkin orang yang melakukan hal tersebut apalagi melakukan di tempat yang suci pada saat orang sholat Jumat,” imbuhnya.

Alwi juga menghimbau kepada kaum beragama supaya mempelajari agama masing-masing. Selain itu ia meminta agar semua orang percaya bahwa tidak ada agama yang mengajarkan kebencian apalagi sampai menyuruh membunuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)