Cak Imin Ziarah ke Tebu Ireng dan Berlebaran di Denanyar

JOMBANG – Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Manekertrans) Muhaimin Iskandar nampak terlihat mudik berhari raya di kampung halaman PP Mambaul Maarif Denanyar, Rabu (22/8). Bersama keluarga Muhaimin juga melakukan ziarah ke makam Gus Dur di komplek Pesantren Tebuireng.

Makam Gus Dur sendiri, pada hari raya juga menjadi jujugan pemudik yang melewati Jombang. Terlihat hingga kemarin, puluhan rombongan dari berbagai daerah masih terus berdatangan. Bahkan areal makam yang terletak di sebalah barat Masjid pondok ini menjadi obyek untuk berfoto ria bersama keluarga.

“Mumpung ke sini, (makam Gus Dur) buat kenang kenangan,” tutur peziarah yang mengambil background keluarga pendiri NU yang telah dimakamkan di kompleks Tebuireng.

Muhaimin sendiri datang bersama Istri dan anak anaknya. Kedatangan Muhaimin yang juga ketua umum DPP PKB ini disambut pengasuh PP Tebuireng, KH Sholahudin Wahid yang juga adik Gus Dur di rumah kasepuhan.

Usai berbincang sejenak, Cak Imin langsung berziarah ke Makam Gus Dur serta Makam KH Hasyim Asyari pendiri NU sekaligus pendiri Pesantren Tebuireng.

“Gus Dur ini adalah orang yang paling berjasa bagi saya. Beliau idola saya sejak masih kecil hingga kapanpun. Dalam politik, beliau juga yang paling banyak menempa dan mengajar saya,” katanya.

Karenanya, lanjut mantan ketua umum PB PMII, ini dirinya setiap tahun selalu menyempatkan diri ke makam Gus Dur “Insyaallah setiap pulang, pasti ke sini,” ujarnya mengatakan.

Sebelumnya, pada saat hari H Lebaran, Cak Imin sapaan akrab Muhaimin juga sudah melakukan sejumlah kegiatan di Kota Santri. Diantaranya takbiran, membagi bingkisan dan salat Id di Masjid Nurul Huda Dusun Ganjul Desa Kertorejo Kecamatan Ngoro. Serta sungkem ibudnya Hj Muhasonah Iskandar di Pesantren Mambaul Maarif Denanyar. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: