Isi Liburan, Guru Maarif Ikuti Pelatihan Profesional

Brebes, NU Online
Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guru terus digalakan guna mencapai profesionalisme. Termasuk yang dilakukan oleh MTs Maarif NU 01 Brebes bekerja sama dengan United States Agency For International Development (USAID) Amerika-Indonesia menggelar pelatihan pengajaran profesional.

“Guru profesional tidak sebatas secarik kertas untuk mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintah, tapi yang lebih utama adalah aplikasi di lapangan,” ujar Kepala MTs Maarif NU 01 Brebes Drs Sufa Wijaya, Ahad (26/6).

Menurut Sufa, sebanyak 15 guru yang ditugaskan mengelola Kelas Unggulan digembleng selama 4 hari di Gedung PC NU Brebes oleh TIM USAID-Indonesia. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan SDM guru, mengetahui tentang metode belajar aktif, mengetahui media dan sumber belajar yang efektif dan mengetahui kompetensi guru yang profesional.

Ketua TIM USAID-Indonesia H Saerozi SPd menjelaskan, pelatihan ini menggunakan pendekatan I CARE. Yang bermakna Introcdion (perkenalan), Connection (hubungan), Application (Penerapan), Reflection (Refleksi) dan Extention (kegiatan lanjutan).

Diyakini peserta bisa memiliki kemampuan Better Teaching Learning (BTL) atau memiliki kompetensi pengajaran profesional dan pembelajaran yang bermakna. Pelatihan, selain penyampaian materi juga praktek lapangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: