Kantor PCNU Rembang Diresmikan

Rembang, NU Online
Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Sirodj MA, Senin (4/6) meresmikian Gedung PCNU Rembang. Gedung senilai Rp 1,8 miliar itu berlokasi di Jalan Pemuda kota setempat. Acara peresmian dihadiri ribaun warga NU, pejabat dan politisi.

Pada kesempatan itu, Kyai Said mengatakan, saat ini bangsa Indonesia dipengarui dua pemikiran besar. Yakni, radikal dan liberal. Dua pemikiran itu bisa membahayakan eksistensi bangsa ini.

”Kalau bangsa Indoneisa ingin selamat, NU harus diperkuat. Karena terbukti bahwa pemikiran yang dikembangkan NU sangat cocok untuk menjaga eksistensi bangsa ini,” ujar Kang Said, panggilan akrab KH Said Aqil Sirodj, saat memberikan sambuatan pada acara peresmian gedung PC NU Rembang, Jawa Tengah.

Menurutnya, pemikiran radikal dikembangkan kelompok yang hanya mengandalkan ukhuwah islamiyah atau persaudaraan sesama umat Islam dengan mengabaikan ukhuwah wathoniyah atau persaudaraan sebangsa setanah air. Sedangkan ukhuwah wathoniyah bisa mengakibatkan pemikiran liberal.

Biar tidak sekuler, lanjutnya, ukhuwah wathoniyah harus selaras dengan ukhuwah islamiyah. Tidak hanya ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah, NU juga mengembangkan ukhuwah insaniyah atau persaudaraan sesama umat manusia.

Menurutnya, NU bertekad untuk membela empat pilar bangsa. Yakni, UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. NU bukan opisisi bagi pemerintah, NU bukan pendemo, tetapi NU akan berperan aktif membangun society.

”NU juga berperan aktif membantu meredakan konflik. Karena NU menginginkan agar dunia ini penud dengan kedamaian,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Said, memberikan bantuan operasional kantor PC NU Rembang senilai Rp 10 juta. Selain itu, dia juga menjanjikan bantuan 20 unit komputer.

Kantor PC NU Rembang yang diresmikan itu terletak diatas tanah seluas 500 meter persegi. Gedung berlantai tiga itu menghabiskan anggaran semilai Rp 1,8 miliar. Nantinya, bangunan itu akan diperuntukkan untuk kegiatan NU dan badan otonomnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: