Kunjungan Rombongan Mufti Rusia ke PBNU

Sebanyak enam anggota rombongan mufti yang berasal dari konfederasi Rusia melakukan kunjungan ke PBNU untuk bersilaturrahmi dan menjalin kerjasama keagamaan.

Rombongan yang dipimpin oleh Ruslan Hazrat Abbyasov, wakil mufti Rusia ini diterima langsung oleh ketua umum PBNU bersama jajarannya di gedung PBNU, Jum’at (1/4). Ikut dalam rombongan Damir Hazrat Mukhetdinov, dewan Muslim Rusia bagian Eropa, Arslan Hazrat Sadriev, ketua Mufti Tartastan dan Magomed Emin Usmanov, wakil mufti Chechnya.

Ruslan Hazrat Abbyasov menjelaskan, terdapat 27 juta muslim di Rusia. Sebagian besar bermazhab Hanafi dan selanjutnya pengikut Syafii. Muslim Rusia juga ada yang menjadi pejabat tinggi dalam pemerintahan Rusia, baik menjadi jenderal atau menteri.

Ia juga menjelaskan, penduduk muslim disana dapat digolongkan sebagai kelas menengah. Ada orang kaya muslim yang pernah menyumbangkan hartanya sampai 100 juta dolar untuk kepentingan ummat.

Saat ini terdapat sepuluh mahasiswa Rusia yang belajar di UIN Malang. Kerjasama diantara kedua belah fihak akan ditingkatkan untuk memperkuat kerjasama kedua belah fihak.

Kiai Said dapat kesempatan tersebut menyatakan kegembiraannya atas perkembangan umat Islam disana. Ia berharap terdapat kerjasama yang kongkrit lebih lanjut antara NU dan muslim Rusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: