Latihan Jurnalistik online oleh IPNU Jombang

”Menulis itu gampang”. Demikianlah kata-kata pertama yang disampaikan dalam pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh NU Jombang Online bekerja sama dengan IPNU-IPPNU Cabang Jombang pada Ahad (24/04/11).

Kata pembuka yang cukup memberikan cerah pikiran untuk memulai menulis tersebut disampaikan oleh Muslimin Abdilla, fasilitator pelatihan. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, Jika kita akan memulai menulis, dengan perasaan dan pikiran: ”menulis itu sulit”, maka kita akan betul-betul kesulitan dalam memulai menulis. Namun jika sebelum menulis dipikiran kita dicamkan: ”menulis itu gampang”, maka hambatan pertama dalam menulis sudah kita atasi.

”Segala hal itu dimulai dari pikiran kita, jika sebelum menulis pikiran kita sudah mengatakan menulis itu sulit, maka sebelum menulis kita sudah dihambat oleh pikiran dan perasaan kita sendiri. Karena itu pikiran kita harus kita bebaskan dengan terlebih dahulu mencamkan bahwa, menulis itu gampang” kata pria yang aktif mendorong kalangan muda NU untuk menulis itu.

Dalam latihan yang diikuti oleh sekitar 60 orang perwakilan PAC seluruh Jombang, utusan dari Pondok Pesantren tersebut dibuka oleh Yusuf Suharto, Pemred NU Jombang Online. Dalam kata pembukaanya sekretaris PC Pergunu Jombang ini menyampaikan pengalamannya dalam menulis, khususnya dalam menulis berita.

”Pada saat saya pertama kali menulis berita di NU Online dan dimuat, saya merasa bangga, dan berita tersebut saya tempel di kantor NU biar banyak orang yang tahu. Dari kebanggaan tersebut kemudian muncul semangat untuk terus menulis,” kata pria berkacamata tersebut

Latihan yang dilaksanakan di lantai II kantor PCNU Jombang tersebut dilaksanakan untuk mencetak jurnalis muda dari NU Jombang, dan secara khusus para peserta akan menjadi kontributor NU Jombang Online yang akan memberikan kontribusi berita atau tulisan dari MWC se Jombang.

Pada latihan jurnalistik kali ini hanya dibicarakan tentang menulis berita dengan teknik yang paling mudah. Untuk selanjutnya jika tindak lanjut kegiatan ini bisa berjalan baik, maka akan dilakukan pelatihan lanjutan berupa latihan menulis berita secara lebih dalam dan teknik menulis artikel dan lain-lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)