LTN NU Terbitkan Buku Atlas Walisongo

Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan penerbit Iiman dan Trans Pustaka menerbitkan buku Atlas Wali Songo yang ditulis oleh sejarawan Agus Sunyoto. Buku pertama yang mengungkap Wali Songo sebagai fakta sejarah ini akan diluncurkan Kamis (5/7) di gedung PBNU, Jakarta.

Ketua PP LTN NU H Sulton Fatoni mengungkapkan, buku Atlas Wali Songo ini merupakan jawaban atas pertanyaan sebagian kalangan yang meragukan kesejarahan Walisongo.

“Ada sebagian orang, bahkan kelompok intelektual sekelas profesor yang menganggap Wali Songo ini hanya sekedar mitos, bukan fakta. Maka kita menjawab dengan menerbitkan buku ini,” katanya.

Dikatakan, penerbitan Atlas Wali Songo ini merupakan bagian dari ‘perang budaya’ karena di sisi lain ada upaya-upaya sistematis untuk menghilangkan Wali Songo dari sejarah peradaban umat Islam.

“Pak Agus Sunyoto menyayangkan tidak dicantumkannya Wali Songo dalam Ensiklopedi Islam, padahal para penyebar Islam di Indonesia yang datang belakangan dari kalangan Wahabi malah ada dalam ensiklopedi itu,” katanya.

Atlas Wali Songo ini melengkapi koleksi buku-buku yang diterbitkan oleh PP LTN NU. Buku-buku yang diterbitkan pada periode ini antara lain Ahkamul Fuqoha yang merupakan kumpulan hasil-hasil bahtsul masail NU sepanjang masa, Tasawwuf dan Kritik Sosial, Fikih keseharian Gus Mus, Dialog Problematika Umat, Pemikiran KH Hasyim Asy’ari, dan Pengantar Aswaja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: