Masjid Cheng-Hoo Akan Segera Dibangun di Jember

Jember, NU Online
Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia yang berpusat di Surabaya akan membangun masjid di Jember, tepatnya di Jl. Hayam Wuruk, Kaliwates-Jember. Namanya Masjid Cheng Hoo.

Acara Peletakan batu pertama pembangunan masjid berciri khas tanpa kubah itu dilakukan Jum’at (20/4). Bupati Jember, Ketua DPRD Jember, tokoh lintas agama dan sejumlah kiai dan 200-an masyarakat turut hadir memberikan dukungan pembangunan masjid tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Jember, MZA Djalal menyatakan terima kasih dan dukunganannya kepada yayasan masjid Cheng-Hoo yang telah berusaha mewujudkan masjid di Jember. Dalam kesempatan itu, Djalal juga menyumbang dana Rp. 10 juta. “Itu bukan uang saya tapi uang rakyat Jember,” tukasnya.

Usai membuka tirai baliho yang bertuliskan “Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Cheng-Hoo” , sebagai pertanda dimulainya pembangunan masjid itu, Djalal didapuk untuk meletakkan batu pertama, disusul oleh KH Hamid Hasbullah (tokoh NU), dan Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf.

Menurut Ketua PITI Jember, Bambang Pramono, masjid Cheng-Hoo Jember adalah masjid ketujuh yang dibangun Yayasan Masjid Cheng-Hoo Indonesia bekerjasama dengan PITI.

Bambang menambahkan, masjid tersebut berukuran 15 x 10 M2, dengan rancangan anggaran mencapai Rp 2 miiyar. “Kita menarget 1 tahun sudah selesai masjid ini. Mudah-mudahan lancar,” jelasnya kepada NU Online seraya menambahkan bahwa dana tersebut akan dikumpulkan melalui donatur, khususnya di lingkungan PITI.

Lokasi masjid itu sendiri cukup strategis, yaitu hanya 60 meter dari jalan protokol kota Jember, tepatnya berada pas di belakang pusat perbelanjaan Carrefour. Bambang menasdaskan, kedepan di sekitar area masjid itu juga akan dibangun aula serba guna, fasilitas umum, SD dan sebagainya. “Ini arealnya masih cukup luas, kemungkinan nanti juga akan dikembangkan untuk kegiatan penunjang yang lain,” pungkas Bambang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: