Mendikbud Dukung Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama

CIREBON – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Mohammad Nuh mengapresiasi perjuangan PBNU untuk mendirikan sejumlah Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Indonesia. Demi kemajuan pendidikan Tanah Air, pihaknya berjanji akan mendukung proses tersebut.

Dukungan disampaikan dalam Ceramah dan Dialog bersama Mendikbud pada Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2012 di Pondok Pesantren Kempek Cirebon, Ahad (16/9) malam. Forum yang dihadiri Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj ini diikuti ratusan peserta Munas yang terdiri dari pengurus NU dan ulama-ulama nonstruktural.

Nuh mengatakan, keinginan NU mendirikan perguruan tinggi (PT) merupakan bentuk kerinduan yang wajar karena hingga sekarang jumlah PT ormas Islam terbesar ini masih belum banyak.

“Apakah Nahdlatul Ulama bisa mendirikan perguruan tinggi? Jawabannya bisa. Alasannya, ini bukan ilmu ghaib. Lha wong yang ghaib saja bisa bisa diraih apalagi yang nggak,” katanya disambut tawa ringan para hadirin.

Namun Nuh mengingatkan, dukungan yang ia berikan menjadi bagian dari upaya pembangunan nasional. “Jadi ini bukan dari NU untuk NU, tapi dari NU untuk bangsa,” ujarnya.

Mantan pengurus PCNU Surabaya ini mengakui, negara ini memiliki hutang jasa yang cukup banyak kepada NU. Sehingga, sepatutnya NU mendapatkan sesuatu yang layak atas cita-citanya. “Sebaik-baiknya orang yang hutang itu, ya nyahur (melunasi). Itu kan haqqul adami. Kita ini lagi nyahur. Tapi yang namanya nyahur ada yang nyicil ada yang tidak,” tambahnya. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)