MUI Pamekasan: Sebaiknya Pondok Ramadhan Siswa Tahun ini Murni di Pesantren

Pamekasan, NU Online
Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pamekasan menyarankan kepada Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama setempat agar kegiatan Pondok Ramadhan pada bulan puasa ditempatkan di pesantren.

Wakil Sekretaris MUI Pamekasan Zainal Alim, Rabu menjelaskan, hal itu dimaksudkan agar wawasan keagamaan siswa bisa lebih baik.

Disamping itu, dengan cara seperti digelar di pondok pesantren siswa juga bisa mempraktikkan langsung berbagai jenis ritual ibadah yang diajarkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami menyarankan mereka tidak hanya mengikuti kegiatan pendidikan keagamaan di pondok pesantren saja, akan tetapi para siswa tersebut juga bisa bermalam di pondok pesantren,” terang Zainal Alim.

Sehingga, sambung dia, siswa juga bisa paham akan tradisi baik yang ada di pesantren selama ini, serta mengikuti semua kegiatan keagamaan, baik pada siang, sore ataupun di malam hari yang diberlakukan di pondok pesantren tersebut.

Menurut Zainal Alim, di Pamekasan sebenarnya sudah ada dua lembaga pendidikan yang menerapkan kegiatan Pondok Ramadhan di pesantren dan para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut diwajibkan bermalam di pondok. Masing-masing SMA Negeri I dan SMA Negeri 3 Pamekasan.

“Nah, MUI menyarankan agar semua lembaga pendidikan baik yang ada di bawah naungan Disdik maupun Kemenag bisa meniru kedua lembaga ini,” ucapnya.

Caranya, sambung Zainal, Disdik dan Kemenang harus membuat surat edaran dan mewajibkan kepada semua lembaga pendidikan untuk menerapkan program Pondok Ramadhan di pesantren dan para siswa diharuskan bermalam di pondok selama mengikuti kegiatan tersebut.

Pihak MUI sendiri, kata dia, telah menyampaikan secara langsung tentang gagasan pelaksanaan pondok Ramadhan di pesantren tersebut kepada Disdik dan Kemenag Pamekasan.

Beberapa waktu lalu MUI juga menggelar pertemuan dengan pimpinan kedua institusi tersebut, dan mereka menyanggupi untuk menerapkan seperti yang diinginkan para ulama.

“Rencananya kami masih akan menggelar pertemuan lanjutan di kantor MUI membicarakan berbagai persiapan pelaksanaan,” papar Zainal Alim, menambahkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: