Muspimnas PB PMII Digelar Hari Ini

JAKARTA – Sejumlah Ulama, tokoh nasional dan sebelas Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II menyatakan siap menghadiri agenda Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia di Jayapura, Papua.

Hal itu diungkapkan Sekjend PB PMII Jabidi Ritonga menjelang keberangkatannya menuju area Muspimnas di ujung timur NKRI tersebut. Menurut Jabidi, kehadiran para tokoh nasional itu diharapkan bisa mendukung sejumlah misi PB PMII dalam menghelat Muspimnas di Papua.

“Sebagian besar peserta sudah berangkat dengan kapal laut sejak pekan lalu. Para pengurus PMII dari seluruh Indonesia ini berkumpul untuk mencarikan solusi atas sejumlah persoalan krusial bangsa. Diantaranya soal kerukunan umat beragama, pluralisme, dan pelanggaran HAM di Papua. Juga tentang pelaksanaan demokratisasi yang lemah, dan pemerataan kesejahteraan ekonomi rakyat yang masih belum merata,’papar Jabidi, Ahad (9/12).

Muspimnas PB PMII, kata Jabidi akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lain, yakni dialog kebangsaan, peringatan Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan pembahasan sejumlah agenda PB PMII masa khidmat 2011-2013.

“Peringatan Haul Gus Dur ini merupakan upaya kami merekatkan kembali anak bangsa di Papua, tentang perlunya menjaga keutuhan NKRI, juga menjaga kerukunan umat beragama, serta mengejwantahkan misi pluralisme Gus Dur,” imbuhnya.

Tentang kerukunan umat beragama yang terbingkai dalam pluralisme yang diajarkan Gus Dur, kata Jabidi, telah diimplementasikan oleh kader-kader PMII di 225 Cabang yang ada.

“Jadi kami tak hanya berwacana. Kami telah mengimplementasikannya sejak lama. Termasuk di Papua, para kader yang telah tiba di sana sejak pekan lalu disamputhangat oleh keuskupkan dan warga Papua. Kami ingin tunjukkan pada masyarakat internasional, bahwa warga Papua adalah warga yang cinta damai,” tandasnya. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)