PAC IPNU se-Tapalkuda Jawa Timur Deklarasikan Caketum IPNU

Banyuwangi, Mendekati pelaksanaan Kongres IPNU XVII pada 30 Nopember sampai dengan 4 Desember 2012 di Palembang nanti, beberapa Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) antara lain, PC IPNU Banyuwangi, Jember, Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Kraksaan menggelar Deklarasi Calon Ketua Umum Pimpinan Pusat IPNU.

Hadir dalam kesempatan yang diadakan tanggal 11 Nopember 2012 tersebut beberapa ketua dan kader perwakilan Pimpinan Cabang yang tergabung dalam Koordinator Daerah (Korda) Tapal Kuda serta beberapa alumni IPNU se Tapal Kuda dan Banyuwangi.

Pada petemuan tersebut dilakukan kajian kelembagaan IPNU secara nasional dengan berbagai produk program dan hasil capaiannya. Sehingga mereka berkesimpulan bahwa IPNU memerlukan sosok seorang santri yang terpelajar yang mampu untuk memimpin IPNU pada tingkat Nasional dengan Mengusung dan Mendukung Muhammad Riza Azizy Hisyam.

Gus Riza begitu sapaannya, merupakan kader IPNU Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi. Dia memulai karirnya di IPNU dari Komisariat Pesantren Darussalam Blokagung dan terakhir sebagai Wakil Bendahara PW IPNU Jawa Timur masa khidmat 2005-2007.

Akhirnya, pertemuan Cabang-Cabang tersebut menyampaikan manifestasi dukungannya kepada H. Muhammad Riza Azizy Hisyam sebagai berikut , “Kembalikan IPNU ke Pangkuan Santri”.

Kongres IPNU XIV di Surabaya (2003) melahirkan keputusan penting pengembalian nama IPNU menjadi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (kembali). Sejak saat itu, orientasi keterpelajaran IPNU dituntut lebih dominan darimana orientasi terhadap aspek lainnya.

Sejak 2003, lebih dari sewindu lalu, telah banyak yang dilakukan IPNU untuk komunitas pelajar. Tapi, sangat minim –untuk tidak mengatakan tidak ada sama sekali– yang dilakukan oleh IPNU untuk komunitas santri. Padahal, sebagaimana diyakini banyak kalangan: NU adalah pondok pesantren besar dan pesantren adalah NU kecil.

Mengembalikan IPNU ke pangkuan santri dan pondok pesantren adalah sama dengan mengembalikan NU ke habibat asalnya. Karena itu, Kaukus IPNU Tapal Kuda bertekad mengusung H Riza Azizy Hisyam, kader asli Jawa Timur, sebagai Calon Ketua Umum PP IPNU 2012-2015 dalam Kongres XVII kali ini. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: