Pasar Rakyat NU Inspirasi Bagi Home Industry di Jember

JEMBER – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember KH Abdullah Syamsul Arifin berharap Pasar Rakyat Indonesia di Jember tidak hanya dinikmati produknya oleh warga. Lebih dari itu even pasar rakyat diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi warga NU Jember untuk bisa lebih kreatif dalam menggalakkkan home industry.

Menurut Gus A’ab –sapaan akrabnya— Jember mempunyai cukup banyak home industri yang produknya sudah menasional. Ia mencontohkan, manik-manik buatan warga Balung, penetrasi pasarnya ternyata sudah merambah luar negeri.

“Ini kan tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada sebaik mungkin,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pasar rakyat Indonesia yang digelar di alun-alun Kecamatan Balung, Sabtu (8/12).

Gus A’ab menambahkan, pasar rakyat yang digagas PBNU tersebut mengilhami PCNU Jember untuk menggelar pasar rakyat serupa dalam skala kecil di tiap-tigap MWCNU. Sebab secara teknis, NU Jember bisa menyelenggarakan pasar rakyat. Sedangkan dari sisi produk dan kerjasama, NU Jember juga mampu.

“Insyaallah tahun depan pasar rakyat Jember bisa kita gelar. Untuk urusan hiburan ada Pak Rasyid (H Rasyid Zakaria, bos Rajawali Production), untuk urusan enterpreneur ada Pak H. Arum (H. Arum Sabil, pengusaha),” ungkap Gus A’ab.

Pembukaan pasar rakyat tersebut cukup semarak. Sejumlah pejabat teras Pemkab Jember dan pengusaha hadir di acara tersebut. Semua Ketua MWCNU juga hadir, berbaur dengan sekitar 700 undangan.

Meski Ketua Umum PBNU KH Said Siroj Aqil dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Mutawakkil Alallah tidak hadir, namun hal itu tidak mengurangi kesemarakan pembukaan Pasar Rakyat Indonesia itu. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: