PBNU: Kebenaran Tak Terorganisir Tidak Akan Bisa Selesaikan Masalah

Banten, NU Online

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, kembali mengingatkan pentingnya kalangan ulama untuk berorganisasi. Ditegaskannya, kebenaran yang diusung ulama tidak akan banyak memiliki manfaat jika tidak diorgainisir dengan baik.

“Contoh paling gampang di Timur Tengah. Kurang alim bagaimana ulama di sana, tapi tetap saja negaranya bergejolak. Itu karena kebenaran dan kealiman mereka tidak banyak membantu penyelesaian masalah,” tegas Kiai Said saat menghadiri seminar dan dialog Kontekstualisasi Kitab Kuning di Era Kontemporer yang diselenggarakan PWNU Banten di Aula Kementerain Agama Banten, Senin (7/5).

Kiai Said menambahkan, peran ulama sangat dibutuhkan dalam tata kehidupan sebuah negara. “Kalau ada (ulama) yang berpendapat untuk apa berorganisasi, itu salah. Ulama berorganisasi itu penting, karena kebenaran yang tidak terorganisir tidak akan banyak bermanfaat. Tidak akan bisa membantu menyelesaikan masalah,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kiai Said juga memberikan semangat kepada para ulama di Banten secara khusus, dan umumnya kepada semua yang menjadi pengurus di daerah untuk terus membesarkan NU.

“Jangan pernah lelah membesarkan NU. Insya Allah akan bermanfaat. Dan jangan pernah juga ragu, asalkan kita sungguh-sungguh masih banyak pihak yang siap memberikan bantuan,” pungkas Kiai Said.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: