PBNU: Manfaatkanlah Internet Untuk Berdakwah

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, menekankan pentingnya mengembangkan metode dakwah di era kemajuan teknologi saat ini. Ulama Ahlussunnah wal Jamaah harus juga bisa memanfaatkan teknologi, salah satunya melalui jaringan internet.

“Kalau kita membuka internet saat ini, yang banyak kita temukan adalah Islam kanan dan kiri. Ada Al Marhamah dan lain sebagainya. Islam moderat ala Ahlussunnah wal Jamaah sangat jarang, dan sekarang itu harus kita mulai,” tegas Kiai Said di Jakarta Senin (28/5).

Pernyataan yang sama juga disampaikan Kiai Said di hadapan sekitar 4000 Nahdliyin di acara pengajian akbar dalam rangka peringatan Hari Lahir NU ke 86 di Pondok Pesantren Al Inayah, Tempuran, Magelang, Ahad (27/5) malam.

Kang Said, demikian Kiai Said disapa, juga mengatakan dakwah kontekstual tidak hanya melalui metode, melainkan juga kontennya. Tiga cita-cita KH Hasyim Asy’ari, yaitu terlaksananya Ukhuwah Islamiyah, Wathoniyah, dan Insaniyah harus terus didengungkang.

“Itu cita-cita luar biasa yang dicetuskan Mbah Hasyim jauh sebelum negara ini dibentuk. Tapi tiga cita-cita itu tidak bisa dilaksanakan terpisah. Kalau hanya ditekankan Ukhuwah Islamiyah saja akan jadi ekstrem, begitu sebaliknya kalau hanya Ukhuwah Wathoniyah, umat Islam akan bisa terseret menjadi sekuler,” urai Kang Said.

Konten dakwah yang diminta terus didengungkan, lanjut Kang Said, adalah pentingnya menjaga kerukuran antar umat beragama. NU dengan sikap moderat yang selama ini dijalaninya harus ada di barisan terdepan, mempelopori terlaksananya kerukuran tersebut. “Dakwah juga harus berorientasi pada permasalahan bangsa, karena NU selamat, Indonesia juga akan selamat,” tandasnya.

Pengajian akbar dalam rangka Hari Lahir NU ke 86 di Magelang juga dihadiri oleh Rais Aam Jamiyah Ahlut Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyah, Habib Lutfi bin Yahya. Dalam tausiyahnya Habib Lutfi mempertegas apa yang disampaikan Kang Said, yaitu pentingnya NU mengembangkan metode dan konten dakwahnya. Sumber: NUOnline

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: