PCNU Blitar Akan Bentuk Saburmusi

BLITAR – Pengurus Cabang NU Kabupaten Blitar, akan melakukan pembinaan terhadap tenaga kerja dan perburuhan. Caranya dengan cara mendorong terbentuknya PC Sarbumusi (Serikat Buruh Muslimin Indonesia) salah satu organisasi buruh milik NU. Selama ini Sarbumusi di Kabupaten Blitar belum terbentuk sehingga, banyak tenaga kerja dan buruh belum tergarap dengan baik.

“NU akan melakukan pembinaan, advokasi dan kontrol terhadap ketenagakerjaan dan perburuhan di Blitar. Caranya dengan memfasilitasi berdirinya PC Sarbumusi di Kabupaten Blitar,” ujar Ketua PCNU Kabupaten Blitar terpilih KH Masdain Rifai kepada NU Online, Ahad malam.

Teknisnya, lanjut Kiai Dain, NU akan mencari sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dibidangnya. “Saat ini kami masih menimang-nimang siapa yang cocok memimpin Sarbumusi Blitar. NU sifatnya hanya memfasilitasi saja. Karena Sarbumusi sudah masuk salah satu Banom (Badan Otonum) NU sehingga harus mandiri,’’ ungkapnya.

Selain mendorong berdirinya Sarbumusi, NU melalui LPBHNU-nya akan melakukan advokasi dan perlindungan terhadap TKI. Ini penting karena jumlah TKI dan TKW yang kerja keluar negeri jumlahnya lumayan besar. Angkanya kisaran sekitar 3.340 orang.

“Ini sesuai data yang ada di Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar tahun 2012 ini,” katanya.

Dari jumlah itu, ungkap Kiai Dain, Kabupaten Blitar setiap tahunnya bisa memasukkan devisa atau remmitance sekitar Rp 70 miliar.

“Cuma karena ada moratorium, pengetatan pengawasan terhadap calon buruh migran. Hal itu mengakibatkan devisi Kabupaten Blitar terjadi penurunan,” tambahnya. sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)