PCNU Kudus Sosialisasi Ulang KartaNU

Kudus, NU Online
Guna mensosialisasikan Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kudus mengadakan silaturrahim kepada sembilan pengurus Majlis Wakil Cabanag (MWC) mulai bulan April mendatang. Dalam Turba ini, PCNU bersama Tim pengadaan Kartanu Jateng akan menyampaikan penjelasan langsung sekaligus pemotretan bagi ranting atau MWC yang sudah siap.

Kepastian sosialisasi Kartanu ini disampaikan Ketua PC NU KH. Chusnan Ms dalam acara koordinasi bersama Pengurus MWC NU se-Kabupaten Kudus di Kantor NU Kudus, Sabtu (24/3). Pada kesempatan itu, hadir Tim Pengadaan Kartanu PWNU Jateng yang menjelaskan proses dan tehnis pembuatan kartanu.

KH Chusnan mengatakan Kartanu sangat penting dimiliki nahdliyyin sebagai tanda bukti resmi warga NU. “Sebab, belakangan ini banyak orang meminta surat keterangan menjadi warga NU untuk kepentingannya terutama mereka yang mendaftar beasiswa belajar ke luar negeri,” ujarnya.

Pendataan melalui kartanu ini, jelasnya, memiliki arti penting untuk penguatan organisasi dan warga NU. Selain mengetahui jumlah anggota NU, dimaksudkan juga menangkal terdari luar serta membentengi diri dari rongrongan kelompok lain.

“Sebagai organisasi yang shohih, NU harus tahu jumlah anggota semetinya,” tandasnya.

Dengan memiliki kartanu, katanya, berarti sudah memberikan kontribusi kepada organisasi untuk penguatan jam’iyah NU. Dalam AD/ART NU menyebutkan adanya Ianah syahriyah, sanawiyah dan uang pangkal bagi anggota, namun itu belum terlaksana dengan baik.

“Oleh karena itu pendataan kartanu ini sangat efektif menjadi salah satu kontribusi warga kepada NU,” imbuhnya seraya mendorong nahdliyyin berpartisipasi semua terhadap program ini.

Sementara Tim Kartanu PWNU Jateng Muhammad Taufik menjelaskan program kartanu ini bertujuan untuk Pembuatan Database (sensus) warga NU, mengantisipasi terhadap pihak luar dan memberikan kontribusi financial ke organisasi serta memberi data pendukung untuk program PWNU & PBNU

Kartanu ini, ujarnya, akan berlaku selama lima tahun dan dikerjakan langsung oleh tim Kartanu jawa Tengah.”Proses pendataannya oleh ranting dengan berkoordinasi sama MWC dan Cabang, kemudian pemotretan dan pengadaan kartanunya oleh Tim Jateng. Usai diproses langsung jadi seketika di tempat pemotretan tadi,”tandasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: