Pengobatan Gratris Harlah NU Pekalongan

Pemerintah Kota Pekalongan mendukung sepenuhnya program kegiatan pengobatan gratis untuk masyarakat Kota Pekalongan. Pasalnya, kegiatan pengobatan NU secara langsung telah membantu pemerintah dalam mengatasi masyarakat di bidang kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Walikota Pekalongan H Alf Asrlan Junaid dalam acara pembukaan pengobatan gratis putaran ketiga di Ranting NU Klego Kecamatan Pekalongan Timur Ahad (12/6).

Dikatakan, antusiasme masyarakat mengikuti program pengobatan gratis NU disebabkan oleh pola pendekatan yang dilakukan oleh NU yang lebih mengutamakan pelayanan sistem jemput bola, sehingga warga yang berobat tidak repot sebagaimana kalau berobat ke Puskesmas.

Wawali berharap, kegiatan pengobatan gratis NU tidak hanya berhenti pada saat kegiatan harlah saja, akan tetapi ke depan juga diprogramkan ke wilayah wilayah yang terkena genangan air rob seperti Panjang Wetan da Slamaran. Dan jika diperlukan bantuan tenaga medis tambahan, pihaknya siap membantu.

Sekretaris PCNU Kota Pekalongan, H Salahudin berharap, model pengobatan gratis tidak lagi menjadi program NU, sebab jika kegiatan ini tiap tahun ada dan masyarakat menanggapi cukup antusias, berarti program pemerintah untuk menyehatkan masyarakat tidak berhasil.

Dan PCNU telah menyiapkan program alternatif untuk kegiatan sosial kemasyarakatan seperti perbaikan fasilitas umum bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya, karena tampak lebih baik hasilnya.

Sementara itu, Ketua Nahdliyyin Center (NC) Kota Pekalongan, Abdul Basir mengatakan, pada pengobatan putaran ketiga, pihaknya masih menggunakan pengobatan secara medis, alternatif maupun herbal. hingga akhir kegiatan ada 185 yang berobat secara medis, 59 orang pengobatan herbal dan 56 pasien berobat alternatif.

Menanggapi permintaan Wakil Walikota Pekalongan, panitia pengobatan gratis berencana akan menambah satu kegiatan pengobatan gratis tambahan yang telah mendapat persetujuan dari Ketua PCNU dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan di Kelurahan Panjang Wetan tanggal 3 Juli 20011 mendatang. Sedangkan putaran keempat tanggal 26 Juni mendatang akan digelar di Ranting NU Dukuh Kecamatan Pekalongan Utara. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: