Pengurus MATAN Banyumas Resmi Dilantik

Banyumas, NU Online
Ketua umum MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqah An Nahdliyyah) Hamdani Muin mengatakan kepada para mahasiswa, “Pengurus MATAN tidak harus melakukan bai’at thoriqah, yang penting mau menjadi pengurus dan mencintai thoriqah terlebih dahulu.”

Pernyataan itu diungkapkan untuk menjawab pertanyaan pengurus baru MATAN Kabupaten Banyumas, Rabu (21/3) di STAIN Purwokerto.

Sebelum melantik MATAN Kabupaten Banyumas, Dosen IAIN Semarang ini memberikan pengantar, “Thariqah sangat memberikan pintu kemaslahatan bagi semua usia, seyogyanya juga harus mengakar pada kalangan muda terutama mahasiswa karena ia merupakan sosok agen perubahan, baik dalam tatanan sosial politik maupun dalam menciptakan terobosan sistem dalam bentuk tindakan dan gerak sosial.”

Lebih lanjut, Hamdani menjelaskan, mahasiswa memiliki kedudukan strategis sebagai generasi penerus dan calon pemimpin bangsa. Dalam konteks ini ia harus memiliki jiwa yang tangguh dan bersifat jangka panjang (visioner), baik dalam bidang intelektual, sosial maupun politik tanpa harus meninggalkan konsep spiritual.

“Diharapkan, MATAN akan benar-benar mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” imbuh dosen IAIN Walisongo Semarang ini.

Sementara itu, Ketua STAIN Purwokerto Luthfi Hamidi, dalam sambutannya menyatakan, sebagai sarjana Muslim, anggota MATAN mutlak harus memiliki kecerdasan otak dan kecerdasan nurani.

“Proses pembelajaran akademik mampu mengoptimalkan kecerdasan otak, sementara suluk thoriqah mampu mengoptimalkan kecerdasan nurani,” tutur Luthfi.

Setelah pengurus MATAN diambil sumpahnya, kemudian para pengurus baru MATAN Kabupaten Banyumas bermushofahah memohon doa restu kepada Rois Am Jam’iyyah Ahlith Thoriqah Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (JATMAN), Habib Muhammad Luhtfhi.

Di sela-sela pelantikan tersebut, Ketua baru MATAN Kabupaten Banyumas, Muhammad Rawil Hadits mengatakan, pihaknya sangat bersyukur telah mendapatkan guru spiritual.

“Semoga amanah yang diberikan kepada kami, dapat kami jalankan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan mahasiswa yang berada di Perguruan Tinggi, baik di Banyumas maupun di daerah lain,” tandasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: