Russia Tolak Sanksi Uni Eropa kepada Iran

MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, sanksi sepihak yang diberlakukan oleh Uni Eropa terhadap Iran bukan cara bertindak mitra.

“Kami bekerja sama erat dengan Uni Eropa terhadap Iran dalam kelompok “5+1” dan ada pertemuan tingkat menteri di Majelis Umum PBB di New York baru-baru ini.

“Sebelumnya IAEA mengadopsi resolusi yang menekankan pentingnya melakukan perundingan,” kata Lavrov pada pertemuan dengan para anggota Asosiasi Bisnis Eropa di Rusia pada Senin, 8 Oktober.

“Uni Eropa telah bertindak untuk menerapkan sanksi sepihak. Amerika Serikat memiliki reputasi ini sebelumnya. Tetapi reaksi Uni Eropa bahkan lebih keras,” kata menteri itu.

Dia ingat bahwa tiga tahun lalu, Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan satu resolusi terhadap Iran yang menunjukkan pendekatan kolektif.

Namun Uni Eropa secara sepihak mengambil langkah-langkah yang tidak diatur dalam resolusi itu.

“Ini bukan cara bertindak mitra. Jika kita sepakat untuk posisi kolektif, kita harus mematuhi itu, tidak menambahkan sesuatu yang baru,” katanya menambahkan.

Lavrov juga mengkritik sanksi sepihak Uni Eropa terhadap Suriah.

“Kembali pada tahun 2011 Rusia memulai reaksi internasional Dewan Keamanan PBB untuk peristiwa di Suriah,” kenangnya. Sumber:NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)