Slank Meriahkan Peluncuran Program Pesantreneurship di Ogan Komering Ulu

OGAN KOMERING ULU – PC GP Ansor Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur-Sumsel, meluncurkan Program Pengembangan Pesantren dan Kewirausahaan, di Pesantren Nurul Fattah, Kota Baru Selatan-Martapura, (25/11).

Menurut Ketua PC. GP Ansor OKU Timur, Ahmad Makmun, baik GP Ansor maupun Koperasi Kalijaga menyatakan kesiapan pihaknya untuk segera merealisasikan program tersebut ke pesantren-pesantren dan desa-desa di OKU Timur.

“Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah, peluncuran program pengembangan pesantren dan kewirausahaan atau disebut Pesantreneurship bisa diresmikan. Kepada semua pihak yang mambantu dan personil Slank serta Ki Ageng Ganjur yang telah turut meramaikan acara ini kami haturkan terima kasih,” sambut Ahmad Makmun, didampingi Apriandi, sekretars Ansor.

Pesantreneurship merupakan program bersama GP Ansor OKU Timur, Koperasi Kalijaga dan beberapa forum ikatan alumni santri pesantren di OKU Timur dan di luar OKU Timur.

Pesantreneurship bertujuan untuk membangun kemandirian usaha masyarakat dengan menggali sumber daya ekonomi terutama sumber daya manusia masyarakat setempat dengan menjadikan pesantren dan desa sebagai sentral pergerakan.

“Dengan mengintegrasikan potensi dampar atau meja tempat kiai membacakan kitab kuningnya, mimbar atau organisasi sosial masyarakat dan pasar atau dunia usaha, kita sesungguhnya menegaskan program para perintis pendidikan pesantren di nusantara yang sejatinya sejak awal telah fokus ke arah itu. Apalagi mengingat OKU Timur adalah basis pesantren Sumsel,” jelas Makmun yang juga alumni Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja OKU Timur dan .

“Kalau di OKU Timur ini berhasil, tiga kali proses perkaderan saja, tentu dengan target dan standar kaderisasi terukur berdasarkan kemampuan kader membuka dan menjalankan usaha, setidaknya Ansor telah membuka lapangan usaha dan mengurangi angka pengangguran di desa,” pungkas Makmun. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: